1 Jawaban Dokter

Staff 22/12/2017
Public

Selamat pagi.
Berikut hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gatal:

  • Gunakan sabun bayi yang bersifat hipoalergenik untuk memandikan anak
  • Setelah mandi, keringkan kulit anak dengan ditepuk-tepuk, bukan digosok
  • Segera setelah mengeringkan tubuh, oleskan pelembab atau moisturizer hipoalergenik pada kulit bayi
  • Pilihkan pakaian dari bahan katun
  • Bila gatal sangat mengganggu, balurkan losion Calamine dan berkonsultasi dengan dokter apakah perlu diberikan obat lain untuk mengatasi nyeri atau tidak

Bagi anak yang didiagnosa mengalami alergi susu sapi oleh dokter, maka sebaiknya mengkonsumsi jenis-jenis susu khusus sebagai berikut:

  1. Susu formula hidrolisis. Susu ini dirancang khusus untuk bayi-bayi yang alergi terhadap protein dalam susu formula (sapi). Susu formula hidrolisis sebetulnya masih berbasis susu sapi juga tetapi susu ini mengalami proses hidrolisis sehingga protein-protein utuh dalam susu sapi terurai menjadi partikel-partikel kecil sehingga sifatnya menjadi kurang alergenik. Susu ini juga tidak mengandung laktosa.
  2. Susu formula berbasis asam amino. Susu ini tidak mengandung rantai protein tetapi mengandung asam amino yaitu zat pembangun protein-protein itu sehingga paling bersifat hipoalergenik dibandingkan susu formula lainnya.
  3. Susu formula soya. Susu formula soya terbuat dari kacang keledai yang kemudian dimodifikasi dengan vitamin, mineral, dan nutrisi-nutrisi lainnya. Susu soya dianjurkan diberikan kepada bayi berusia lebih dari 6 bulan. Menurut studi, 50% bayi yang alergi protein di susu sapi formula juga dapat menjadi alergi pada protein di susu soya formula.

Berkonsultasilah dengan dokter spesialis anak mengenai jenis susu apa yang aman dikonsumsi oleh anak sesuai dengan kondisi klinisnya.
Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.