Kepala tangan kaki muncul kesemutan

Selamat pagi dokter,
Berkenan kiranya memberikan pertimbangan atas kondisi yang saya alami,
Terima kasih sebelumnya atas waktu dan perhatian yang dokter berikan

Kejadian di mulai sekitar 9 hari lalu, saat saya hendak mengangkat anak, tiba tiba rasa “tek” di pinggang bawah dan sakit, membuat saya sakit sekali kalau memaksa berdiri tegak, selanjutnya bokong dan kaki (kanan) terasa sakit. Bisa berdiri dan jalan, namun harus membungkuk sekitar 45 derajat.

Pemeriksaan dan konsultansi dokter:
1. tidur terlentang, angkat lurus kaki kanan dan kiri, hasilnya tidak ada tambahan rasa sakit (hanya rasa ada tarikan otot/urat seperti kalau olahraga tangan menyentuh ujung kaki)
2. tekan bokong, hasilnya tidak ada tambahan rasa sakit
3. tekan sepanjang tulang belakang, hasilnya tidak ada tambahan rasa sakit
4. saya merasakan sedikit “baal” (kurang sensitif saat disentuh) pada kaki kanan kiri dan tangan kanan kiri, dan seputar perut depan.
5. duduk dan berdiri tidak bisa lama karena sakit

Fisioterapi 7x (3 alat: ultra, panas, getar), ditambah upaya stretching dan olahraga ringan (seat-up dan push-up) di rumah, setelah 8 hari hasilnya:
1. Rasa sakit di pinggang hilang, hanya kadang muncul pegal di daerah bokong (kanan), khususnya kalau duduk lama
2. dapat berdiri tegak kembali, duduk, dan berjalan juga (hanya saja kalau duduk agak membungkuk, ada rasa tarikan di otot tengah pinggang, tapi tidak sakit)
3. kalau membungkuk sambil berdiri, muncul tarikan di bokong dan rasa pagal

Obat diberikan:
1. 2 jenis obat racikan penghilang rasa sakit (dari jatah 5 hari, saya makan 3 hari)
2. salep gel (rasanya dingin)

yang hendak saya tanyakan:
1. hari ini (hari ke 10), kenapa ya dok, tiba tiba kepala (atas dan belakang) serta muka malah terasa kesemutan ?? hilang dan timbul, disertai leher kiri yang pegal
2. rasa sakit di pinggang sudah hilang, namun rasa baal di kaki dan tangan dan perut masih dirasakan ? dan muncul sedikit kesemutan

Demikian kira-kira dok,
Sekali lagi terima kasih atas waktu dan perhatian dokter,

Salam,
David

1 Jawaban Dokter

selamat pagi sobat David,
apakah anda memiliki riwayat penyakit tertentu sebelumnya, seperti darah tinggi, penyakit gula (diabetes), riwayat stroke atau penyakit jantung? adakah keluhan lain yg anda rasakan seperti bicara pelo, lumpuh lemas mendadak pada salah satu sisi tubuh, wajah mencong? apakah diagnosa yg diberikan dokter anda? 
mengenai keluhan pada pinggang yg anda alami sebelumnya, kemungkinan keluhan Low Back Pain (LBP) yang anda alami, yaitu rasa nyeri yang terjadi di daerah pinggang bagian bawah dan dapat menjalar ke kaki terutama bagian sebelah belakang dan samping luar. penyebabnya beragam terkait dengan ketegangan otot (paling sering dialami, terjadi karena gerakan pinggang yang terlalu mendadak atau berlebihan melampaui kekuatan otot-otot tersebut. Misalnya waktu sedang olahraga dengan tidak kita sadari kita bergerak terlalu mendadak dan berlebihan), hernia nucleus pulposus (HNP), yaitu  terdorongnya necleus pulposus suatu zat yang berada diantara ruas-ruas tulang belakang, kearah belakang baik lurus maupun kearah kanan atau kiri akan menekan sumsum tulang belakang atau serabut-serabut sarafnya dengan mengakibatkan terjadinya rasa sakit yang sangat hebat. Hal ini terjadi karena ruda paksa (trauma/kecelakaan) dan rasa sakit tersebut dapat menjalar ke kaki baik kanan maupun kiri (iskhialgia). Adapun sebab lain yang perlu kita perhatikan adalah : tumor, infeksi, batu ginjal, dan lain-lain. Kesemuanya dapat mengakibatkan tekanan pada serabut saraf. 
mengenai kondisi anda saat ini, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan kondisi anda, pemeriksaan terkait tekanan darah, pemeriksaan motorik dan sensorik terhadap persarafan anda perlu dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya kelemahan dan mengevaluasi rasa baal yg anda alami, jika diperlukan terkait dengan kecurigaan terhadap diagnosis tertentu atau untuk menyingkirkan diagnosis lainnya, dapat dipertimbangkan oleh dokter untuk melakukan rekam jantung, CT scan kepala, atau MRI. saya sarankan anda kembali berkonsultasi kepada dokter anda untuk evaluasi lebih lanjut. semoga informasi ini bermanfaat
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.