beberapa hari ini pup nya cenderung encer tp masih ada biji2an nya dan pup nya 2x dalm 1 hari paling byk

Pagi dok, Anak saya tepat berusia 2 bulan dan anak saya suka mengulet sambil megejan, kalau minum asi direct dia kadang suka sambil mengoceh dan menendang nendang dan beberapa hari ini pup nya cenderung encer tp masih ada biji2an nya dan pup nya 2x dalm 1 hari paling byk Mohon penjelasan ny dok..trims

1 Jawaban Dokter

Staff 20/12/2017
Public

Selamat siang.
Mengejan dan mengulet merupakan hal yang wajar dilakukan oleh bayi sebagai bagian dari proses penyesuaian bayi terhadap fungsi saluran cerna, dalam hal ini mengeluarkan feses. Lama – kelamaan seiring bertambahnya usia, kebiasaan ini akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Apabila mengejan dan mengulet selalui disertai tangisan, perut bayi teraba keras, bayi tidak BAB selama lebih dari 10 hari, atau bayi nampak sulit bernapas, maka perlu diperiksakan ke dokter.
Setiap anak memiliki frekuensi BAB yang berbeda, rata-rata bayi dengan ASI eksklusif akan BAB setiap 1 —5 hari sekali. Jika Ibu memperhatikan bayi BAB lebih sering dan lebih encer daripada biasanya, kemungkinan karena adanya perubahan pola makan Ibu. Tetap berikan ASI sesering yang bayi mau. Apabila hal ini berlangsung selama lebih dari 3 hari, atau anak nampak rewel atau lemas, segera periksakan anak ke dokter.
Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.