Alergi

Anak laki2 usia 5 bulan, pada usia 2, pernah muntah2 dan di sarankan dokter untuk ganti susu soya, pada usia 3 bulan dokter yang lain memberi rujukan untuk ganti susu terhidrolasi, tapi anak saya kurang suka, jadi saya menggantinya kembali ke susu soya, tapi dokter tidak menyarankan untuk tes alergi, saat ini saya sedang mengganti susu merk susu soya dikarenakan susu tersebut susah didapat, tetapi setelah minum susu yg baru, ada diatas bibir anak saya kering agak kemerahan, yg mau saya tanyakan, apakah anak saya terkena alergi susu sapi atau tidak, dan kondisi kering diatas bibir nya adalah tanda tidak cocok dengan susu baru ? Terimakasih atas jawabannya

1 Jawaban Dokter

bu, begini bisa saja anak ibu alergi susu sapi. kalau ibu ingin tau, sementara ini teruska dulu susu soyanya. nanti di usia 6 bulan, ibu boleh coba berikan susu sapi kembali. kalau muncul reaksi berarti anak ibu memang alergi susu sapi. dan ibu harus menggantinya kembali dengan susu terhidrolisat atau soya kembali sampai usia 1 thn baru coba susu sapi kembali.

alergi susu sapi biasanya tidak sampai besar bu. 80% anak yang menderita alergi susu sapi sudah hilang alerginya diusia 1 tahun bu, 90% sudah hilang diusia 2 tahun, dan 99% anak alerginya sudah hilang di usia 3 tahun bu.

jadi ada baiknya bila 6 bulan anak ibu masih alergi, usia 1 thn dicoba kembali.

test alergi biasanya tidak dilakukan pada bayi memang bu. biasanya kita lakukan pada anak 5 thn. kecuali kalau reaksinya berat sekali seperti gagal napas, dll.

dan satu lagi, bila ternyata anak ibu masih alergi susu sapi maka makanan pendamping ASInya juga harus disesuaikan yang tidak mengandung susu sapi. seperti biskuit harus cari yang bebas susu sapi, keju jangan diberikan, dll
kalau tidak alergi maka makanannya bebas.

kering pada bibir bisa tanda tidak cocok, tp coba dulu beberapa saat bu baru lihat sebab akibatnya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.