Sudah imunisasi DPT tp masih terkena batuk 100 hari

Dokter, anak saya berusia 3 tahun 3 bulan, sejak bayi mengikuti imunisasi lengkap. Tp 2 hari yg lalu dia demam tinggi dan menggigil disertai batuk. Setelah saya bawa ke dokter, anak saya terkena batuk seratus hari, diberi obat batuk, antibiotik dan vit daya tahan tubuh.
Yg ingin saya tanyakan:
1. Kenapa meskipun sudah imunisasi DPT tp anak saya bisa terserang batuk 100 hri?
2. Apa yg sebaiknya saya lakukan setelah nanti obatnya habis tp anak saya masih batuk ( dikarenakan berdasarkan yg saya baca batuk ini berlangsung lama) apakah saya harus kembali ke dokter atau bagaimana?
Trimakasih, mohon penjelasannya

1 Jawaban Dokter

Halo sobat,

  1. Perlu diperhatikan bahwa vaksin tidak 100% melindungi dari penyakit. Vaksin akan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih cepat merespon terhadap penyakit tersebut. Apabila tertular, anak yang divaksin akan memiliki sakit yang lebih ringan dibandingkan anak yang tidak divaksin. Penularan biasanya juga lebih cepat pada anak yang tidak divaksin. Semakin banyak anak yang tidak divaksin pada lingkungan bermain anak sobat, semakin tinggi pula risiko anak sobat tertular penyakit tersebut jika penyakit tersebut merebak (disebut juga sebagai herd immunity).
  2. Sobat dapat mengikuti instruksi dokter yang menangani sobat. Apabila anak sobat diminta untuk melakukan kontrol ulang, maka sobat dapat kembali menemui dokter tersebut.

Demikian, semoga jawaban yang diberikan membantu 🙂

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.