kenapa saya masih batuk pas lagi tahap pengobatan kedua ? apa penyakit yg saya derita ? bronkitis atau tb ?

Saya mengalami batuk berdahak kurang lebih 3 bulan, sudah periksa dan sudah di rontgen dokternya ngasih resep obat baquinor forte, dexamethason 0,5mg, mucohexin bromhexine hci selama 5hr pemakaian.
Setelah obat habis, besoknya saya batuk2 kembali padahal selama minum saya tidak batuk sama sekali.
Kontrol kedua saya di kasih resep dengan obat berbeda yaitu levocin 500mg, loratadine 10mg, edotin 300mg. Lagi tahap pengobatan ini kenapa saya masih batuk dok ? Sebenernya apa penyakit yg saya derita ?
Terimakasih

1 Jawaban Dokter

selamat pagi sobat Dini,
apakah ada keluhan lain selain batuk, seperti demam, pilek, muntah, penurunan berat badan?apakah batuk disertai dengan darah? adakah riwayat kontak dengan penderita TB atau orang yg batuk kronik sebelumnya?
berdasarkan riwayat obat2an yg diberikan, kemungkinan dokter anda mencurigai batuk disebabkan oleh infeksi bakterial, sehingga diberikan antibiotik. selama pemberian pengobatan pertama batuk membaik dan kemudian kembali kambuh mungkin saja anda menderita infeksi saluran pernapasan kembali, sehingga diberikan antibiotik meskipun golongannya berbeda, mungkin dokter anda memiliki pertimbangan tersendiri. obat yg diberikan dokter anda pada pengobatan kedua juga terdapat obat anti alergi (loratadine) untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan serta pengencer dahak (edotin) untuk mempermudah pengeluaran dahak. jika setelah pengobatan kedua tetap tidak kunjung membaik, sebaiknya anda kembali berkonsultasi kepada dokter anda untuk evaluasi lanjutan dan jika perlu dapat diperiksakan rongent dada atau pemeriksaan dahak untuk mendukung diagnosa. demikian, semoga informasi ini bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.