1 Jawaban Dokter

Staff 08/12/2017
Public

Selamat pagi.
Kulit perut yang nampak bergaris dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, misalnya selulit, stretch mark, dll.
Selulit adalah kondisi kulit dengan permukaan bergelombang seperti tekstur kulit jeruk akibat timbunan lemak di bawahnya. Selulit biasanya terlihat di bokong dan paha, namun bisa juga ditemukan di payudara, perut bawah dan lengan atas.
Beberapa faktor risiko yang mengakibatkan munculnya selulit adalah faktor keturunan atau genetik; jenis kelamin (perempuan cenderung memiliki jaringan lemak dan jaringan ikat yang lebih banyak daripada pria); hormon estrogen, tiroid, insulin, dan prolaktin; pola makan tinggi lemak, karbohidrat, dan atau garam serta rendah serat; kurang aktif bergerak; kurang olahraga; merokok; dll.
Beberapa cara yang dapat membantu mencegah dan menyamarkan selulit adalah olahraga seperti yoga dan pilates membuat otot dan kulit menjadi lebih kencang sehingga dapat mencegah timbulnya selulit dan membuat selulit tampak berkurang; krim yang mengandung retinol dan kafein untuk meningkatkan kolagen dan menyusutkan lemak; filler asam hyaluronat secara rutin karena efeknya hanya bertahan beberapa bulan sehingga harus diulang; menghindari rokok karena dapat melemahkan dan mengganggu pembentukan kolagen serta mengganggu peredaran darah; dll.
Stretch mark adalah garis-garis tak beraturan pada kulit yang muncul akibat peregangan drastis dan elastisitas kulit yang rendah, sehingga menyebabkan kulit pecah dan menipis. Penyebabnya adalah kehamilan, perubahan berat badan, faktor keturunan, pubertas, hormon steroid, dll. Untuk mencegahnya, jaga berat badan ideal, menjaga kenaikan berat badan yang normal selama kehamilan, menerapkan pola makan sehat, rutin berolahraga, dan tidak merokok. Tatalaksana medis yang dapat membantu menghilangkan stretch mark adalah krim topikal yang mengandung tretinoin, terapi sinar atau laser, mikrodermabrasi yaitu prosedur pengikisan lapisan kulit.
Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit untuk memastikan apa penyebab keluhan Anda agar dapat ditangani dengan tepat.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.