1 Jawaban Dokter

Staff 06/12/2017
Public

Selamat siang.
Panjang gelombang laser bekerja menghilangkan tato dengan cara secara selektif merusak tinta tato hingga permukaan kulit bagian dalam. Efek samping laser adalah rasa panas pada kulit, risiko infeksi, risiko terbentuknya keloid, hipopigmentasi (kulit nampak lebih pucat daripada warna kulit sekitarnya), hiperpigmentasi  (kulit nampak lebih gelap daripada warna kulit sekitarnya). Secara umum, biaya penghapusan tato dipengaruhi oleh beberapa hal seperti ukuran tato, usia tato, jenis tinta, warna tinta, metode tato, dll. Biaya untuk menjalani prosedur laser pada tato sebesar kartu nama kira-kira sebesar IDR 1.000.000,- per kali terapi. Frekuensi terapi berbeda-beda berkisar antara 2 – 10 kali terapi.
Sedangkan metode dermabrasi bertujuan untuk memudarkan tato dengan cara mengikis permukaan kulit yang memiliki tato dan daerah sekitarnya. Metode ini lebih murah daripada laser, namun biasanya lebih tidak efektif dan risiko efek sampingnya lebih besar.
Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit untuk menentukan metode mana yang lebih sesuai dengan kondisi kulit Anda. Rincian biaya yang lebih pasti dapat ditanyakan langsung pada klinik atau rumah sakit tempat Anda berkonsultasi.
Semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.