Susu berbusa

Malam, anak saya pengguna nutrilon royalvanila 1-3, kenapa ya produk yang terakhir saya beli kalo dikocok / diaduk secra cepat jadi berbusa?? Sebelumnya tidak seperti ini. Masih aman di gunakan?? Anak saya umur 2 tahun, berat 12kg. Terimakasi

1 Jawaban Dokter

Staff 05/12/2017
Public

Selamat malam sobat,
Aman atau tidaknya satu produk dapat dinilai dari batas aman penggunaan produk tersebut (expired date) dan pasitkan kemasan yang tertutup rapat. Proses penyimpanan yang tidak benar akan menyebabkan susu lebih cepat rusak, dan penyajian susu jangan dibiarkan lebih dari 4 jam dalam suhu ruangan karena akan rusak. Susu yang rusak akan memiliki bau tidak sedap dan terasa asam.
Susu dengan pemanasan dan bila dikocok akan membentuk foam atau busa, terutama susu yang kaya dengan protein dan rendah lemak. Jadi busa bukanlah masalah masalah selama tanda2 kerusakan seperti disebutkan diatas tidak terjadi. Untuk mengurangi busa, dapat digunakan air yang tidak terlalu panas dalam melarutkan susu dengan shaker, ingat bahwa susu anak seringkali mengandung banyak protein yang mudah rusak dalam suhu panas, beberapa vitamin tertentu yang di fortifikasi dalam susu juga akan ikut rusak dalam proses pemanasan, terutama vitamin B1, asam folat, vitamin C. 
Sekian jawaban saya semga membantu
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.