1 Jawaban Dokter

selamat pagi sobat,
adakah riwayat trauma/benturan sebelumnya? sudah berapa lama hal ini anda rasakan? adakah keluhan lain seperti rasa kebas, kesemutan, dsb?
keluhan anda kemungkinan disebabkan oleh bbg hal seperti trauma/benturan, gangguan pada tulang belakang (low back pain) atau terkait dgn Hernia Nukleus Pulposus (HNP), suatu kondisi ketika bantalan atau cakram di antara vertebrata (tulang belakang) keluar dari posisi semula dan menjepit saraf yang berada di belakangnya. Kondisi ini juga disebut dengan istilah “saraf terjepit”.
faktor risiko nyeri yg anda alami sangat beragam, terkait keutrunan (genetik), kegemukan, kebiasaan spt merokok, mengangkat beban berat. yg dapat anda lakukan untuk pencegahan adalah, mengurangi aktivitas berat, menghindari merokok jika anda merokok, menjaga berat badan ideal, olahraga (aktivitas fisik sesuai kemampuan). sementara yg dapat anda lakukan adalah mengonsumsi anti nyeri seperti gol. paracetamol, ibuprofen atau asam mefenamat (perhatikan riwayat alergi pada obat tertentu). jika sakit terus berlanjut sebaiknya berkonsultasi langsung kepada dokter. semoga informasi ini bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.