1 Jawaban Dokter

Staff 08/09/2017
Public

Selamat pagi Bunda.
Susu hipoalergenik adalah susu formula alternatif yang tersedia sebagai pengganti susu sapi pada anak dengan ASS (Alergi Susu Sapi). Beberapa jenisnya antara lain:

  1. Susu formula hidrolisat ekstensif. Pada susu ini, protein susu sapi terdapat dalam bentuk yang telah dipecah menjadi komponen yang lebih kecil. Sebagian besar bayi dan anak ASS dapat mentoleransi susu jenis ini dengan baik.  
  2. Formula asam amino. Formula yang mengandung asam amino bebas (bentuk paling sederhana dari protein) sebagai sumber nitrogen ini merupakan pilihan terbaik untuk bayi dengan ASS, terutama pada ASS berat. Formula asam amino dianggap sebagai pengobatan pilihan pertama untuk ASS. 
  3. Formula kedelai (soya). Formula ini menggunakan kedelai sebagai sumber protein untuk mengganti komponen susu sapi. Meskipun tidak mengandung susu sapi, namun dapat terjadi reaksi silang antara protein susu sapi dengan protein kedelai, sehingga 10 – 14% bayi ASS dapat mengalami reaksi alergi dengan penggunaan susu ini. Inilah kemungkinan penyebab anak Bunda mengalami keluhan saat mengkonsumsi susu soya. Formula kedelai tidak dianjurkan untuk bayi di bawah 6 bulan. Formula ini dapat dipertimbangkan pada bayi dengan keadaan khusus, misalnya masalah ekonomi keluarga, bayi tidak dapat mentoleransi susu formula jenis lain, atau adanya preferensi khusus (pola makan vegetarian). 
  4. Susu formula hidrolisat parsial tidak dianjurkan untuk bayi ASS. 

Maaf Bunda saya tidak dapat menyebutkan merk. Bunda dapat memperhatikan jenis susu pada kemasan dan bertanya pada sales person atau apoteker tempat Bunda membeli susu ya.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.