1 Jawaban Dokter

Staff 08/09/2017
Public

Selamat pagi.
Berikut beberapa metode medis untuk menghilangkan bekas jerawat:

  • Perawatan topikal untuk merangsang produksi kolagen dalam kulit
  • Chemical peeling yaitu teknik pengupasan kulit secara kimia untuk memperbaiki dan menghaluskan tekstur kulit
  • Perawatan laser dapat menghilangkan lapisan luar kulit, membakar habis jaringan parut, dan merangsang kolagen kulit untuk mengencangkan serta mengurangi jumlah bekas luka, serta membantu mengurangi produksi minyak dan pembentukan jerawat.
  • Kombinasi micro-needling dan PRP (platelet rich plasma) untuk membantu pertumbuhan sel
  • Dermabrasi yaitu mengikis sel kulit mati untuk merangsang produksi sel kulit baru. Selain dapat menghilangkan bekas jerawat, dermabrasi juga dilakukan untuk mengatasi keriput halus, tekstur kulit tidak rata, dan kulit terbakar matahari.
  • Dermal filler adalah menyuntikan asam hyaluronat ke dalam bekas jerawat untuk memberikan nutrisi pada kulit dan melembabkan kulit. Selain menghilangkan bekas jerawat, dermal filler juga dapat mengatasi garis keriput halus di daerah dahi, sekitar mata, dan mulut atau garis senyum. Prosedur ini tidak bertahan lama dan Anda harus melakukan prosedur dermal filler secara rutin dan berulang.
  • Tissue filler atau pengisi jaringan dilakukan dengan cara menyuntikkan kolagen atau lemak di bawah permukaan kulit dan ke dalam luka bekas jerawat, sehingga dapat membuat bekas jerawat tersamarkan. Prosedur ini tidak bertahan lama dan Anda harus melakukan suntik kolagen secara rutin dan berulang.
  • Radiofrequency menggunakan mesin radiofrequency dan sinar blue light untuk membantu membentuk sel kulit baru tanpa merusak bagian atas permukaan kulit. Prosedur RF perlu diulang beberapa kali hingga bekas luka jerawat hilang.

Berkonsultasilah dengan dokter spesialis kulit untuk menentukan metode mana yang paling baik untuk kondisi kulit Anda.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.