Maag? GERD?

Saya memiliki masalah di lambung. Jika saya minum minuman bersoda, bumbu kacang, atau pisang sering kali membuat lambung tidak nyaman hingga naik cairan asam lambung ke kerongkongan. Bahkan sampai muntah. Kerongkongan rasanya seperti terbakar dan sakit. Saya mencoba browsing di internet, berdasarkan hasil membaca sepertinya saya menderita GERD. Saya pernah berobat ke dokter, memang bukan untuk mengobati penyakit lambung saya, saya diberi obat propepsa sucralfate (dokter 1) saat terkena gejala tipus. Dan pernah juga diberi lansoprazole (dokter 2) saat mengobati cedera tulang setelah kecelakaan. Jadi bila lambung sedang kambuh, saya meminum antasid atau omeprazole, atau lansoprazole. Dan itu sedikit membantu. Apakah obat yg saya makan sudah tepat? Sebenarnya penyakit apa yang saya derita?
Beberapa bulan ini, saya sering memuntahkan makanan yang saya makan setelah saya makan malam, awalnya saya pikir mungkin karena saya makan terlalu banyak. Tetapi saat makan sedikit pun terjadi kembali. Saya sangat merasa tidak nyaman saat pulang kerja pukul 17.00 dalam keadaan lapar, setelah makan (sekitar pukul 18.30) beberapa lama kemudian, lambung rasanya tidak nyaman, dan kemudian muntah. Saya pikir, mungkin karena kurang halus saat mengunyah makanan, tapi saat makan bubur pun begitu. Kira-kira pengobatan apa yang harus saya lakukan dok?
Satu lagi, sudah hampir sebulan saya batuk, awalnya karena demam naik turun, lalu pilek, dan batuk. Saya sudah ke dokter dan diberi resep. Diagnosanya karena radang. Sampai saat ini saya masih batuk, sudah minum obat. Belum sembuh juga. Jika terkena dingin batuk akan muncul terus, apakah karena alergi dingin?
Terima kasih atas perhatiannya.

1 Jawaban Dokter

Staff 07/09/2017
Public

Selamat sore sobat
Gerd merupakan penyakit yang disebabkan kelemahan dari otot sfingter yang menjembatani tenggorokan dan lambung, karena terjadi kelemahan maka menyebabkan isi dari lambung mudah untuk naik kembali.
Untuk mengatasinya anda dapat mengurangi makanan yang iritatif terhadap lambung dan yang meningkatkan asam dalam lambung seperti pedas, asam, kopi dan teh. Obat yang anda konsumsi sudah tepat, obat omeprazola atau lansoprazole bekerja dengan menghambat produksi asam lambung. Apabila keluhan terus terjadi anda dapat berobat ke dokter penyakit dalam untuk mendapat pemeriksaan secara lengkap.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.