Demam naik turun

“Salam.
semoga kita semua selalu diberikan kesehatan.
dokter saya ingin bertanya, anak saya mengalami deman naik turun (maksimal 39 dengan mengalami sedikit kejang dalam kurun waktu beberapa detik, dengan ) , Pilek, bersin2, dan batuk kering yang berkepanjangan. awal mula demam pada tanggal 26 agustus pada tanggal 28 agustus dirawat di RS hingga tanggal 30 agustus dinyatakan tidak demam (namum Pilek, bersin2, dan batuk masih) dengan hasil diagnosa hanya Febris dan hasil LAB nya untuk: WBC=12.78, RBC=4.37, HGB =10.1, HCT=32.2 dan PLT=323.
Namum pada tanggal 31 agustus- 2 september kembali mengalami demam naik turun (maksimal 39,4) dan masih Pilek, bersin2, dan batuk berdahak. hingga tgl 3 ini demam sudah normal, namum pilek, bersin2 dan batuk berdahaknya masih juga tidak kunjung reda hingga mengakibatkan berat badannya turun menjadi 7.2kg dari 8kg. sy telah membawa ke dokter spesialis anak namun hanya diberikan 5 jenis obat2an an dan vitamin, dengan diagnosa hanya Febris.
yang ingin saya tanyakan tindakan apa yang harus sya lakukan? untuk memastikan bahwa tidak ada sesuatu (bakteri lain) dan hal2 lain yang ada pada tubuh anak saya, hingga nanti berakibat negatif pada anak saya.”

1 Jawaban Dokter

Selamat malam sobat Irvy,
Berdasarkan hasil lab saat anak anda dirawat, terdapat sedikit peningkatan pada sel darah putih/leukosit yg menandakan anak mengalami infeksi. Selain itu jg Hb anak dibwh normal mwnandakan anak mengalami anemia. Apakah yg anda maksud kejang adalah menggigil? Sebab jika memang kejang, anak akan mengalami penurunan kesadaran, serta gerak tubuh abnormal (kelojotan, kaku, bengong). Apakah imunisasi anak lengkap?berapa usianya saat ini?
Berat badan rendah, imunisasi yg tidak lengkap sangat mempengaruhi kerentanan anal terhadap infeksi akibat rendahnya daya tahan tubuh anak. Kami sarankan anda kembali berkonsultasi dgn dokter anak anda untuk tindak lanjut dan tata laksana yg sesuai. Demikian, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.