Hasil Rontgen Thorax

Halo dok, saya sekitar 3 tahun yang lalu pernah menderita TB Paru. Setelah menjalani terapi pengobatan selama kira-kira 9 bulan saya dinyatakan sembuh oleh dokter spesialis paru walaupun hasil rontgennya meninggalkan bekas. Kemarin saya mencoba melakukan rontgen thorax untuk mengecek keadaan paru-paru saya. Ini hasil yang saya dapat dok :
Cor : besar dan bentuk normal
Pulmo : aerasi baik. tampak fibrotic bekas peradangan sauprahiler-infraclavicular paru kanan-kiri. tak tampak infiltrate, perselubungan, cavitas atau nodul. vascular marking baik. tak ada pembesaran KGB.
Trachea ditengah
Sinus costrophrenicus kanan dan kiri tajam.
Hemidiaphragma kanan dan kiri baik.
Tulang-tulang baik.
Soft tissue dinding dada normal.
Kesimpulan : TB paru lama bilateral. saat ini tak ada gambaran aktif.
Dari hasil tersebut, apakah saya sudah sehat dok?
Terima kasih sebelumnya

1 Jawaban Dokter

selamat pagi sobat Winata,
berdasarkan interpretasi rongent dada (thorax) yg anda sertakan dalam pertanyaan anda, saat ini tidak terdapat infeksi aktif, hanya emang pada TB yg sudah sembuh seringkali meninggalkan bekas peradangan pada paru yg terinfeksi, sehingga pada rongent bekas tersebut terlihat. selain dari pemeriksaan penunjang seperti ronget, TB/ flek dinyatakan sembuh juga berdasarkan kondisi fisik anda (pemeriksaan fisik) dan anamnesa (ada/tidaknya keluhan yg anda alami saat ini). jika memang tidak ada keluhan, maka dan pemeriksaan penunjang hasilnya baik, maka dapat dinyatakan sembuh dan tuntas pengobatan. demikian semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.