1 Jawaban Dokter

Staff 05/09/2017
Public

Selamat pagi.
Vaksin pneumokokus (atau PCV : Pneumococcal Conjugate Vaccine) adalah vaksin berisi protein konjugasi yang bertujuan mencegah penyakit akibat infeksi bakteri Streptococcus pneumoniae atau kuman pneumokokus, seperti penyakit radang paru (pneumonia), radang selaput otak (meningitis) dan infeksi darah (bakteremia).
Vaksin ditujukan untuk mereka yang memiliki risiko tinggi terserang kuman pneumokokus. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja dengan angka tertinggi menyerang anak usia kurang dari 5 tahun dan usia di atas 50 tahun. Terdapat kelompok lain yang memiliki resiko tinggi terserang pneumokokus (meskipun dari segi usia bukan risiko tinggi), yaitu anak dengan penyakit jantung bawaan, HIV, thalassemia, dan anak dengan keganasan yang sedang mendapatkan  kemoterapi serta kondisi medis lain yang menyebabkan kekebalan tubuh berkurang.
Pada anak, imunisasi ini diberikan pada usia di bawah 1 tahun dengan dosis 3 kali, yaitu pada usia 2, 4 dan 6 bulan.
Pemberian vaksin pneumokokus dan HiB akan menurunkan 50% angka kematian balita akibat pneumonia.
Semua vaksin yang tercantum dalam jadwal imunisasi IDAI adalah vaksin yang direkomendasikan oleh IDAI dan Kementerian Kesehatan. Namun untuk saat ini, imunisasi pneumokokus masih dikelompokan sebagai imunisasi pilihan. Imunisasi pilihan adalah imunisasi yang penyediaan vaksinnya belum diberikan secara gratis oleh pemerintah untuk seluruh anak Indonesia. Untuk mendapatkan vaksin pneumokokus, orangtua dapat menghubungi tempat praktek swasta, praktek pribadi ataupun rumah sakit terdekat.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1
  1. Lalu lingkungan seperti apakah yang dapat mempengaruhi tersebarnya virus PCV ini Dok?
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.