atau kaya buang nafas ketahan akhirnya berbunyi dan kadang keluar suara ngik2

Anak perempuan kedua saya tu selalu brnafas klo hari dingin hbs mndi bngun tidur pasti dia membuang nafasnya berbunyi sprti ketahan kadang klo ambil berbunyi ngik2 atau kdg grok2 klo lg pilek, minum asi jg susah klo asi ny deras, awal mula kjdian ini pertama ny ank saya kulit kemerahan klo mnum sufor sgm,saya kbrtulan asi dan sufor knp sufor biasa ny yg ngemong mertua saya, kalo ad saya gtu walau ank saya nangis gk pernh dksh ke saya buat asi psti dksh sufor sapi, kbetulan jg suami saya tu jg sbnrnya alergi klo hbs mndi pasti bersin2 meler kya org pilek. Kakeknya jg sbnrnya kalo ada debu jg lgsg bersin2 kya org pilek ( ayah dr suami saya ). Sebenarnya saya uda prnh je dokter spesialis ank dan alrgi dokter nganjur kan saya asi diet, trs sufornya dgnti presegmil dksh obt alergi 10hr harus dhbs kan bersma obt pilek yg gk dhbskan cmn pas pilek aja, tu kmrn sempet berkurang suara ngasnya yg berbnyi tp mahbngik ngik gtu.. dan smpk skrg anak saya umur 3bln msh blm bbs dr hidung pilek hiks, ini kejdiab awal mulanya dr umur 2mnggu smpk 3bln dok. Kalo masalh berat badan ank saya alhmdulillah trs naik 2bln aja sdh 6kg. saya hrs bgaimana lg ya dok ap saya balik ke dokter ank sya lg apa tidak??

1 Jawaban Dokter

oh balik dong bu ke dokter anak ibu. saya jelaskan sedikit ya bu, tp karena anak ibu masih kecil sebaiknya tetap dilihat langsung oleh dokter anak.

jadi anak yang lahir dari 1 orang tua yg ada alergi memiliki kemungkinan alergi 40% untuk alergi juga. kalau kedua orang tua ada alergi yg sama, maka anak memiliki resiko alergi juga sebesar 80%. nah anak ibu sepertinya alergi ni. sudah benar terapinya adalah ibu pantang dan kalau dicampur sufor maka pilihannya jatuh ke Bila hanya bunyi grok-grok, tidak ada sesak napas dan berat badan naik baik, anak ibu kemungkinan mengalami noisy breather bu. Hal tersebut dikarenakan saluran napas bayi masih sangat kecil sehingga ada lendir sedikit saja menyebabkan bunyi grok-grok pada saat bernapas. selama tidak ada sesak dan berat badan naik baik, tidak perlu diberikan apa-apa. bunyi tersebut akan menghila g dengan sendirinya umumnya di usia 4 bulan, tetapi dapat juga berlangsung terus dan menghilang saat usia 1 thn. biasanya ada bakat alergi bu.

alergi pada bayi itu bisa hilang bu. khusus untuk alergi susu sapi, 80% anak yang menderita alergi susu sapi sudah hilang alerginya diusia 1 tahun bu, 90% sudah hilang diusia 2 tahun, dan 99% anak alerginya sudah hilang di usia 3 tahun bu. jadi sabar dulu bu sementara ini. nah menurut pengalaman saya, kalau sudah terdeteksi dan ibunya pantang tp sekali2 masih tetap muncul alergi susu sapi bisa cross reaction dengan kedelai bu. jd anak yg alergi susu sapi juga sering kali alergi kedelai juga. kalau anak alergi kedelai, ibu harus pantang semua makanan yg mengandung kedelai seperti tahu, tempe, soya, kecap, dll. nah kadang seperti itu bu.

untuk napas berbunyi pada bayi, bisa alergi sesuatu yg menuju asma bisa juga wheezy baby bu. kalau hanya wheezy baby selama bayi tidak bermasalah tidak apa2 bu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.