berapa lama proses pengempesan bengkak jahitan pada bibir

dok, jadi saya melakukan jahitan bibir atas setelah kecelakaan , jahitannya 2 jahitan dalam dan 2 jahitan luar, setelah proses jahitan ,bibir saya membengkak dansetelah lepas jahitan bagian luar bibir saya masih membengkak, dan mati rasa ,hanya di bagian tengah persisi di bawah bagian jahitan bibir, kira2 berapa lama ya dok proses pengempesannya dan berapa lama bibir saya dapat kembali normal sehingga dapat di gerakan seperti normalnya bibir?
dan bagaimana cara merawatnya ya dok?

terimakasih.

2 answer

Selamat pagi sobat dennisa,
Berapa lama durasi waktu dari semenjak anda mengalami kecelakaan dan dijahit hingga keluhan yg masih anda rasakan saat ini berlangsung?
Durasi penyembuhan luka sangatlah bervariasi, tergantung dr kedalaman, dan luas luka, kondisi tubuh pasien, ada tidaknya penyakit penyerta (diabetes, infeksi, kelainan pembekuan, dsb). Secara umum pasien dgn kondisi normal dengan luka yg sedang berat memerlukan wkatu penyembuhan 2 minggu-4 minggu. Mungkin secara estetik penyembuhan luka akan kurang baik mengingat daerah bibir dan sekitarnya seringkali mengalami pergerakan untuk berbagai aktifitas (makan, bicara) sehingga jika sudah membaik kondisinya serta sembuh, untuk tata laksana lanjutan terkait estetika, dpt anda konsultasikan dgn dokter spesialis bedah plastik. Demikian, semoga bermanfaat

#1
  1. sudah 10 hari dari jahit dan 3 hari setelah lepas jahitan ,dok..
    lukanya tidak terlalu lebar dok, dan bagian bibir saya yang dalam tidak ada masalah apa apa, tetapi bibir bagian luar yang susah di gerakan dan mati rasa, apa itu efek dari penyembuhan? tapi pembengkakan akan hilang kan ya dok?
    kira kira perawatan yang dapat membantu mengempeskan bengkak apa ya dok?
    terimakasih

Hi sobat,
Kemungkinan luka jahitan masih dalam proses peradagangan sbg tahapan dr proses penyembuhan, mengingat daerah tsb memang pergerakan/mobilisasi nya banyak/sering,penyembuhan dpt berlangsung lebih lama. Untuk mengurangi bengkak anda dpt mengonsumsi obat gol. NSAID, seperti potasium diklofenak, asam mefenamat dgn tentunya sesuai dgn anjuran dokter anda. Untuk meringankan rasa nyeri dan bengkak scr langsung dpt dilakukan kompres hangat di daerah tsb scr berkala. Jika dgn melakukan serangkaian terapi tidak kunjung membaik kami sarankan anda berkonsultasi kembali kpd dokter anda. Demikian informasi dr kami semoga bermanfaat.

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.