perut terasa penuh dan kembung/ begah apa wajar menjelang haid atau karena yang lain ?

Dok siklus haid saya teratur dan kemungkinan saya akan haid lagi tanggal 6 atau 7 september , tapi dari kemarin sampe sekarang perut saya terasa penuh dan kembung gitu padahal saya hanya makan sedikit dan ini baru pertama kali saya rasakan sebelum sebelum nya belum pernah kaya gini , tapi waktu tanggal 21 kemarin saya melakukan petting dengan pasangan saya dan benar benar menggesekan alat kelamin kami berdua tapi sepertinya tidak ada cairan yg menganai bibir vagina saya karena dia hanya menggesekan di batang nya saja , nah dok yang ingin saya tanyakan kalau misalnya saya benar hamil apa mungkin perut begah itu bisa dirasakan seminggu setelah kejadian itu ? Atau gejala menjelang menstruasi ?

1 Jawaban Dokter

Staff 31/08/2017
Public

Selamat siang.
Menyambung jawaban saya di https://www.tanyadok.com/forumtanyadokter/257855-2.
Gejala awal kehamilan mungkin saja terjadi satu minggu setelah konsepsi. Perut begah di sini bukan karena pembesaran rahim akan tetapi lebih karena rasa mual karena adanya hormon kehamilan. Namun bisa juga perut begah ini merupakan tanda PMS.
Untuk terjadinya pembuahan yang mengawali kehamilan, sperma harus mencapai tuba falopii dan hal ini sulit sekali terjadi jika tidak terjadi ejakulasi di dalam tubuh. Oleh karena itu, kemungkinan Anda hamil sangatlah kecil.
Akan tetapi, untuk dapat memastikan apakah Anda hamil atau tidak, tetap diperlukan pemeriksaan test pack dan USG oleh dokter spesialis kandungan jika hingga 6 September Anda masih belum mengalami menstruasi.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1
  1. Terimakasih dok jawaban nya ?
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.