Pagi dok sy ibu 1ana

Pagi dok sy ibu 1anak April tahun lalu sy pasang KB implan, sampai Juli kemarin sy tidak haid tp awal Agustus sy haid seminggu berhenti seminggu haid lagi.
Dariawal Agustus sy sudah haid 3x ini kenapa ya dok?
Normal lah atau sy harus copot implannya? Sy khawatir dan bingung dok

7 answer

Staff 31/08/2017
Public

Selamat pagi.
Menstruasi yang tidak teratur memang merupakan salah satu efek samping dari penggunaan kontrasepsi hormonal seperti misalnya KB implan.
Jika haid hingga 3x dalam satu bulan, saya sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan dan menangani penyebab keluhan Anda dan agar Anda tidak merasa khawatir lagi.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu ya.

#1

Hi, Ibu bisa jadi perlu dilepas KB implannya. Apalagi bila haid yg terjadi berkepanjangan dan banyak. Saran saya coba periksakan dl ke dokter atau tempat Ibu dahulu pemasangan KB implan utk diperiksa dahulu ya. Pantau bila haid terus berlanjut hingga bulan September, segera periksakan diri.

#3

Hi Bu, KB adalah metode utk menunda kehamilan. Utk tetangga Ibu, bisa jadi dia msh rutin KB suntik sehingga belum hamil. Pengguna KB suntik, akan kembali lagi subur setelah KB suntik dihentikan, namun memang butuh waktu utk menormalkan kembali siklus hormon ibu sehingga kembali subur. Hamil atau suburnya perempuan tidak serta merta krn KB. Bisa jadi sejak awal memang ada keluhan haid sejak masa gadis. Bila Ibu hendak memiliki anak/hamil kembali, hentikan penggunaan KB, bisa pantau kesuburan ibu dengan alat tes mandiri ovulasi sel telur (semacam ovutest), selain itu pastikan juga pasangan dalam kondisi fit dan tidak ada keluhan penyakit/ketidaksuburan. Bila terus gagal, konsultasikan ke dokter kebidanan kandungan subspesialis infertilitas.

#5
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.