keputihan

Mau menanyakan hasil papsmear:
Spesimen memuaskan
Sel endoservix dijumpai
Sediaan smear terdiri dari kelompokan dan sebaran sel-sel epitel skuamus superfisial, intermediet dan parabasal.Juga tampak clue cells, cannon ball, perinuklear bals dan sel intermediat dengan inti membesar hingga 2.5 kali inti sel normal, kromatin bergranul halus, sitoplasma eosinofilik. Latar belakang berupa sel-sel radang limfosit.Mikroorganisme tidak dapat diidentifikasi.
Kesimpulan : gambaran sitologi ASCUS dengan radang.
Setelah dilakukan pengobatan selama 1 bulan, dilakukan papsmear ulang, hasilnya Ca Serviks. Bagaimana pendapat dokter dan bagaimana cara penanganannya?terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 31/08/2017
Public

Selamat pagi.
Hasil pemeriksaan pap smear yang pertama menjelaskan tentang adanya ASCUS yang merupakan sel serviks abnormal. Hal ini dapat terjadi karena adanya infeksi, peradangan, tumor jinak atau (walaupun jarang) mengarah pada kanker serviks. Oleh karenanya diperlukan pemeriksaan pap smear berikutnya untuk menentukan apakah sel serviks yang abnormal tersebut membaik dengan pengobatan atau tidak. Jika pap smear berikutnya menunjukan hasil kanker serviks, berkonsultasilah kembali dengan dokter kebidanan dan kandungan, untuk mendapatkan evaluasi dan arahan lanjutan, seperti kolposkopi, biopsi, menentukan stadium kanker, memulai terapi sesuai dengan stadium kanker, dst.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.