1 Jawaban Dokter

Staff 31/08/2017
Public

Selamat pagi.
Alergi nikel biasanya disebabkan oleh perhiasan, tali jam tangan, jarum tindik, jarum tato, telepon genggam, koin, retsleting, kancing, pengait bra, bingkai kacamata, kunci, dan benda apapun yang menggunakan bahan nikel.
Alergi nikel merupakan jenis alergi yang tidak berbahaya namun menetap seumur hidup. Untuk mencegah kekambuhan, hindari kontak langsung dengan benda berbahan nikel. Selain nikel, hindari bahan metal dan emas putih. Jika ingin menggunakan perhiasan, pilihlah perhiasan berbahan perak murni, tembaga, platinum dan titanium. Pilihlah aksesori dari bahan plastik atau kulit. 
Tidak ada pantangan makanan yang perlu Anda lakukan karena alergi nikel tidak berkaitan dengan makanan. Akan tetapi, seseorang dengan alergi terhadap suatu zat tertentu kemungkinan besar juga mengalami alergi terhadap zat lain, termasuk makanan.
Berkonsultasilah dengan dokter spesialis alergi dan imunologi untuk mengetahui apakah Anda mengalami alergi lain dan apakah memungkinkan dilakukan desentisisasi untuk membantu mengurangi gejala alergi nikel secara perlahan.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.