Bagaimana cara menyembuhkan luka pada lubang anus ?

Dok saya mau tanya , minggu lalu saya waktu BAB kaget karena keluar darah. Dari situ saya mulai takut untuk BAB , kemudian besok nya saya ke dokter katanya ini gejala wasir gitu di kasihlah obat sama dokternya . Setelah itu besok nya saya BAB lagi dan ternyata tidak berdarah cuma masih agak sakit di sekitar lubang anusnya, setelah 5hari berlalu ketika saya BAB ternyata keluar darah lagi disana saya mulai lemes dan bertanya tanya kenapa berdarah lagi ? Memang sih dari pengobatan itu lubang anus saya seperti masih luka jdi seperti nya gara gara itu . Sekarang ini saya jadi takut buat BAB karena takut berdarah dan sakit lgi ketika bersentuhan dengan lubang anus saya yang luka . Kira kira gmna ya dok supaya saya berani BAB lagi dan saya yakin bahwa itu tidak akan membuat darah keluar lgi ?

1 Jawaban Dokter

Staff 30/08/2017
Public

Halo, untuk masalah nyeri saat buang air besar dan bab berdarah, kemungkinan anda terkena wasir atau ambeien. Wasir atau hemorrhoid adalah pelebaran pembuluh darah di daerah anus. Seringkali menyebabkan buang air besar berdarah, munculnya benjolan, perih, atau rasa gatal.
Untuk mencegah wasir, konsumsi makanan tinggi serat dan minum banyak air putih,serta lakukan olahraga teratur agar BAB lancar dan tidak mengedan terlalu kuat.
Untuk gejala wasir yang belum berat bisa menghilang sendiri, anda bisa menggunakan obat wasir yang dimasukkan ke dalam anus atau obat oles. Jika sudah parah, diperlukan tindakan operasi. Konsultasikanlah dengan dokter spesialis bedah untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.