varikokel

Hallo dokter Selamat siang/malam dok saya mau nanya saya kan ada keluhan penyakit varikokel dok tapi udh lama sekitar 6/7 thn gitu dok tapi kadang2 terasa sakit tambah nyeri klau di pegang terasa besar-besar gitu dok varikokelnya seperti urat,
Yang jadi pertanyaan saya dok, apakah varikokel saya ini perlu di operasi atau cuma di kasih obat, dan satu lagi dok apakah saya bisa mempunyai keturunan nantinya setelah di operasi? Mohon infonya dokter terimakasih ?..

1 Jawaban Dokter

Staff 30/08/2017
Public

Halo, varikokel adalah pembesaran pembuluh darah di kantong buah zakar atau skrotum. Biasanya tidak bergejala, namun kadang bisa terasa nyeri apabila berdiri lama atau aktivitas fisik berat. 
jika varikokel telah menyebabkan ketidaknyamanan, rasa sakit, penyusutan testis, atau gangguan kesuburan, maka sebuah tindakan penanganan harus segera dilakukan. Tindakan penanganan ini bisa dimulai dengan berupa mengonsumsi paracetamol sebagai pereda rasa sakit atau menggunakan celana dalam khusus. Bila hal tersebut tidak membantu, perlu dilakukan konsultasi dengan dokter spesialis urologi untuk kemungkinan menjalani prosedur operasi.
Suhu yang terus-menerus terlalu tinggi di sekitar testis akibat varikokel berisiko memberi dampak kepada pembentukan, kuantitas, pergerakan, serta kualitas sperma. Sehingga varikokel dapat menyebabkan kemandulan. Jika sudah ditatalaksana dengan baik, kemungkinan kecil terjadi kemandulan akibat varikokel. 
Semoga bermanfaat 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.