7 answer

selamat pagi sobat,
sejak kapan benjolan pada kepala tsb anda sadari? dimana lokasinya?berapa jumlahnya? apakah benjolan tersebut keras/lunak? adakah nanah atau darah dan kelainan kulit pada benjolan tersebut? adakah riwayat trauma/ terbentur sebelumnya? nyeri dirasakan terus menerus atau saat tertentu saja, misalnya hanya saat benjolan ditekan?  adakah keluhan lain yg dirasakan selain nyeri, seperti demam, mual, muntah?
benjolan pada kepala dapat disebabkan karena berbagai penyebab. paling sering terkait dengan benturan yg menyebabkan memar dan bengkak di daerah tersebut. jika memang disebabkan oleh hal ini, dapat dilakukan pengompresan dengan handuk hangat untuk mengurangi nyeri, benjolan akan menghilang sendiri sesuai dengan penyebuhan luka. dapat pula benjolan terkait dengan infeksi, berupa infeksi bakteri atau jamur. biasanya dapat disertai dengan kelainan berupa adanya nanah, ataupun gangguan pertumbuhan rambut. untuk itu, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut terutama pemeriksaan secara langsung dengan pemeriksaan fisik. kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung. demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat

#1

Selamat pagi, waktu tahun lalu bru sy sadari krn sy sangka benjolan itu biasa dan smua org punya. Dikepala bagian blakang pas ditengah2, hanya 1, keras, tidak ada nanah atau darah. Tidak ada trauma apapun. Saat tertentu saja, biasanya nyeri kepala sy ini dri samping kpala trus mnjalar kesmua kepala, baisa jg dri benjolan trsebut lalu menyebar. Klu kpala sy sakit biasanya bdan sy panas, kaki dan tangan sy dingin.

#2

selamat pagi sobat,
benjolan yg terdapat di daerah kepala tersebut dapat disebabkan beberapa kemungkinan, seperti infeksi, atau tumor. kami sarankan anda memeriksakan diri kepada dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan fisik terhadap benjolan di kepala tsb secara langsung sehingga dapat dilakukan tata laksana yg tepat dan sesuai. 

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.