Mengenai ASI

Hi dok, Saya Bella. Saya mau tanya, saya punya babby baru umur 2 mingguan dan asi saya keluar terus pada saat anak lapar atau tidak asi saya sering netes. Tapi kebetulan ada breast pump, jadi saya pompa. Bagaimana ya cara menyimpan ASI yang benar? Apakah jika ASI yg sudah dimasukan kedalam kulkas dan jika dikeluar kan, lalu dipanaskan, dan dimasukan lagi ke kulkas masih bisa dikonsumsi selanjutnya utk anak bayi? Dan baiknya ASI yang di taruh didalam kulkas, harus sampai beku menjadi es atau boleh dingin saja. Dan jangka waktu untuk ASI masih bisa dikonsumsi berapa lama dok? Dan jangka waktu untuk harus cepat masuk kulkas juga berapa lama dok? Terimakasih…

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat,
Penyimpanan ASI perah tergantung dari mau berapa lama ASI perah tersebut mau di konsumsi oleh bayi kita. Jika akan di konsumsi dalam kurun waktu 3 hari bisa dimasukkan ke dalam kulkas suhu 4 derajat. Nanti ketika akan di konsumsi dikeluarkan dari kulkas dan direndem di air panas, tapi jangan di microwave ya.
Nah untuk yang di konsumsi lebih lama sebaiknya ASI perah di tempat kan ke dalam freezer khusus ASI, bisa bertahan hingga di konsumsi 3-6 bulan. Untuk mengkonsumsi ASI dari freezer, pertama tama dikeluarkan dari freezer dan dimasukkan ke dalam kulkas suhu 4 derajat untuk dicairkan selama 10-12 jam. Kemudian ketika akan dikonsumsi rendam dengan air panas dan tidak di microwave. ASI perah yang sudah dihangatkan dan bersisa sebaiknya tidak masuk ke dalam freezer kembali dan harus di konsumsi sampai 24 jam saja, jika masih sisa sebaiknya dibuang.
ASI yang baru diperah bisa tahan sekitar 6 jam pada suhu ruangan, namun sebaiknya jika memang untuk disimpan, jangan tunda terlalu lama untuk dimasukkan ke dalam kulkas atau freezer.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat =]

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.