ada benjolan di kening dan leher

Anak saya sekarang mengalami bisul kecil seperti jerawat disekitar kening dan benjolan kecil berwarna hitam dileher. Bisulnya kadang pecah sendiri lalu muncul lagi ditempat lain seperti pipi dan kuping.saya beri dia obat lerzin. Apakah yang harus saya lakukan untuk mencegah perkembangan bisulnya. Apakah ini efek dari suntik MR yg dia terima pada hari selasa lalu.saya berniat bawa dia kepuskes hari senin lusa. Saya Mohon penjelasannya. Terima kasih sebelumnya.

1 Jawaban Dokter

Staff 28/08/2017
Public

Selamat siang, Bunda.
Lesi kulit yang menyerupai bisul, jerawat, maupun benjolan hitam kemungkinan besar tidak disebabkan oleh vaksinasi MR. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah:
 
Dermatitis Atopik
Kondisi ini ditandai dengan kulit kering dan kemerahan, bintik – bintik merah, kadang disertai gelembung berisi cairan, nampak bekas garukan akibat gatal, dan riwayat atopi/alergi pada keluarga.
Irritation around mouth of an infant with atopic d
Varicella atau Cacar Air
Bintik – bintik merah disertai gelembung-gelembung kecil berisi cairan, biasanya muncul pertama kali pada area kepala, dada, perut, dan punggung, lalu menyebar ke seluruh tubuh, disertai dengan demam dan gatal.

Impetigo
Berupa benjolan berukuran 1 – 2 cm berisi cairan, bercak luka terbuka pada kulit, yang kemudian menimbulkan kerak berwarna kuning atau cokelat, terkadang disertai demam, gatal, nyeri, dan pembengkakan kelenjar getah bening.
impetigo_0.jpg
Hand, foot, and mouth disease (HFMD)
Bintik – bintik merah pada telapak tangan dan telapak kaki yang tidak gatal, kadang terdapat gelembung berisi cairan, disertai demam, sariawan, dan nyeri tenggorok.
Image result for hfmd cheek vesicle
Moluskum kontagiosum
Benjolan kecil seukuran biji kacang hijau pada permukaan kulit, pada puncak benjolan nampak ada cekungan, atau titik putih, teraba agak keras, kadang menyebabkan gatal, jika pecah akan keluar cairan putih kekuningan seperti nasi.

 
Langkah Bunda untuk berkonsultasi dengan dokter di Puskesmas sangat baik. Ikuti anjuran dari dokter dan berikan obat secara rutin. Jika gejala belum membaik dalam 3 hari, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.
Semoga dapat membantu dan anak lekas sembuh ya.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.