nafas bunyi grok grok

“Saya mau bertanya, anak saya berusia 3bln. Sejak lahir nafas nya bunyi grok grok dan kalau minum susu seperti agak sesak (jadi pelan dan sedikit minum susu nya). Sudah 2x ke dokter anak, katanya alergi susu sapi & kacang jadi disarankan ganti susu jadi S*M HPPro. Tapi setelah 2bln ganti susu nafas nya masih grok grok. Saya jadi takut kalau dia kenapa2 dokter ,, baik nya gimana ya?
Terima kasih atas jawaban nya.”

1 Jawaban Dokter

Staff 28/08/2017
Public

Selamat siang, Bunda.
Napas bayi grok-grok terjadi karena adanya lendir pada saluran napas bayi. Keberadaan lendir tersebut berfungsi membersihkan saluran pernapasan dari benda asing seperti debu, zat penyebab alergi, maupun kuman penyebab infeksi. Produksi lendir ini lebih banyak pada bayi dan bayi belum memiliki mekanisme yang baik untuk mengeluarkan lendir seperti orang dewasa, sehingga akhirnya lendir menumpuk dan menyebabkan napas berbunyi. Hal ini merupakan respon normal tubuh bayi dan akan terus terjadi hingga bayi berusia 6 – 12 bulan. Ciri-ciri bahwa hal tersebut merupakan respon normal adalah tidak mengganggu aktivitas bayi misalnya makan, minum, dan tidur; bayi tidak sering muntah; kenaikan berat badan baik sesuai usia; jika lendir terlihat nampak jernih dan tidak berbau; tidak disertai demam, bersin, pilek, dll.
Jika bayi mengalami gejala mengganggu seperti yang disebutkan di atas, penyebabnya tersering biasanya adalah alergi dan infeksi saluran napas. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis anak untuk mendapat arahan selanjutnya.
Untuk membantu mengurangi napas grok-grok pada bayi, hindarkan bayi dari asap rokok, bulu binatang, debu, dan mainan berbulu.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.