2 answer

Staff 28/08/2017
Public

Selamat pagi.
Ada beberapa kemungkinan penyakit yang dapat menyebabkan keluhan yang dialami oleh ibu Anda, di antaranya yaitu hordeolum atau kalazion.
Hordeolum, dikenal dengan istilah awam bintitan atau timbilan, adalah benjolan kecil kemerahan yang nyeri pada dasar bulu mata atau di bawah kelopak mata, dan paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri.
Sedangkan kalazion adalah pembengkakan pada kelopak mata akibat tersumbatnya kelenjar minyak pada kelopak mata, dan biasanya tidak menyebabkan nyeri. Jika pembengkakan memburuk, dapat menyebabkan penekanan pada mata dan gangguan penglihatan.
Yang dapat Anda lakukan di rumah adalah:

  • kompres hangat dengan handuk kecil selama 10 – 15 menit sebanyak 3 hingga 5 kali per hari
  • hindari menekan atau mencoba memecahkan benjolan pada kelopak mata Anda karena dapat menyebabkan infeksi
  • hindari penggunaan lensa kontak dan riasan mata

Sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis mata. Dengan berkonsultasi langsung, dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dianggap perlu untuk mengetahui dengan pasti penyebab dari keluhan yang Anda alami, untuk kemudian dapat memberikan terapi yang tepat. Jika memang dokter menyarankan operasi, operasi yang dilakukan adalah operasi ringan dengan angka kesuksesan yang tinggi dan biasanya tidak menyebabkan gangguan penglihatan sehingga Anda tidak perlu khawatir.
Semoga dapat membantu dan lekas sembuh.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.