BAB darah selama 2 minggu dan sampai sekarang belum berhenti

dok saya dari SMA sudah pernah BAB darah dan sudah 2 minggu ini saya BAB darah terus menerus padahalnya sebelumnya cuma 2 atau 3 hari. saat BAB tidak terasa sakit apapun,rasanya BAB seperti biasa dan darah yang keluar banyak sekali dan darah segar mengalir seperti kita sedang buang air kecil pdhl kita BAB dok. saya juga udh berusaha buat makan sayur,buah2an n banyak minum dok. kalau boleh tau itu penyakit apa ya dok. terimakasih sebelumnya.

1 Jawaban Dokter

Staff 23/08/2017
Public

Halo, gejala bab berdarah segar dapat diakibatkan oleh wasir/ambeien/hemoroid. Wasir atau hemoroid adalah pembuluh darah yang membesar di daerah anus. Wasir terjadi karena adanya peningkatan tekanan darah di area anus dan rektum bisa disebabkan karena terlalu lama mengejan saat buang air besarKonstipasi jadi penyebab utama dari orang mengejan. Konstipasi yang terjadi biasanya akibat dari kekurangan nutrisi serat di dalam makanan. Wasir seringkali menyebabkan buang air besar berdarah, munculnya benjolan, perih, atau rasa gatal.
Untuk mencegah wasir, konsumsi makanan tinggi serat dan minum banyak air putih,serta lakukan olahraga teratur agar BAB lancar dan tidak mengedan terlalu kuat.
Untuk gejala wasir yang belum berat bisa menghilang sendiri, anda bisa menggunakan obat wasir yang dimasukkan ke dalam anus atau obat oles. Jika sudah parah, diperlukan tindakan operasi. Konsultasikanlah dengan dokter spesialis bedah untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semoga bermanfaat

#1
  1. Terimakasih dok
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.