suara grak grok,suara nafas berat,tp tidak sesak nafas

anak usia 2,4 tahun,saat beraktifitas suara nafas berat dan terdengar berat,tp anknya tidak sesak nafas,saat tidur suara nafas bunyi ngik,pernah ke dokter anak ktnya py asma,tp tdk pernah sesak nafas,trs disuruh menjauhi makanan seperti coklat,susu uht..apakah ank say alergi makanan tersebut?apakah ad cara medis untuk mengetahuinya?cara nya medisnya ap?

1 Jawaban Dokter

dari gejalanya kemungkinan memang alergi atau punya bakat asma bu, benar.

tp untuk tau alerginya apa garua dilakukan uji terhadap makanan yg ibu curigai.

Dari berbagai jenis makanan yang ada yang paling sering menimbulkan alergi adalah susu sapi, telur, seafood, dan kacang-kacangan. tetapi tidak menutup kemungkinan anak alergi terhadap makanan lain, misalnya ayam, pepaya, dan semua makanan bisa berbeda-beda reaksinya terhadap seorang anak. bila hipersensitif maka disebut alergi. bagaimana cara mencari taunya?

Uji untuk mengetahui anak alergi makanan tertentu atau tidak paling baik melalui avoidance dan challange bu. jadi pertama ibu bisa coba dengan menghindari makanan yang ibu curigai selama 1 bulan. Bila gejalanya menghilang, kemudian setelah 1 bulan dicoba lagi berikan makanan tersebut. bila gejalanya muncul kembali maka confirmed anak ibu alergi makanan tersebut. atau bisa juga ibu cek darah Ig E rast terhadap yang ibu curigai tetapi harganya cukup mahal.

kapan ibu curigai, misalnya gejala batuk memberat setelah anak makan dingin, atau minum susu sapi, atau muncul manifestasi alergi bentuk lain seperti merah-merah atau bisul.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.