iritasi kulit

Sela lipatan tangan kiri saya kasar 2 hari lalu saya pulang dari olahraga kotor dan saya garuk akhirnya jadi merah dan perih, paginya saya bangun tangan saya panas dan memerah ,kulitnya sedikit melepuh , obat apa yg baik buat menyembuhkan? Apa say perlu konsultasi ke dokter? Boleh saya tutup iritasinyabdengan kain kasa?

1 Jawaban Dokter

selamat pagi sobat,
apakah keluhan disertai rasa gatal? adakah riwayat alergi tertentu sebelumnya? adakah riwayat tangan terkena kontak dengan detergen, atau bahan kimia yg lain sebelumnya? apakah disertai dengan nanah/darah?
berdasarkan keluhan yg anda kemukakan, kemungkinan anda mengalami dermatitis kontak iritan. sumber iritan disini kemungkinan terpapar saat aktivitas olahraga yg anda lakukan. untuk mengatasi kondisi tangan yg panas, memerah dan melepuh dapat dilakukan pengompresan pada area tsb dengan kassa yg dilembabkan dengan NaCl 0.9% kira-kira 20-30 menit, setelah cairan yg melepuh tsb terserap, dapat dioleskan salep dengan kandungan steroid potensi sedang yg dapat digabungkan dengan salep yg memiliki kandungan antibiotik jika terdapat tanda infeksi (nanah, kemerahan). untuk memastikan diagnosis lebih lanjut, anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan sehingga mendapat penanganan yg sesuai. demikian, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.