Berat anak susah naik sejak dia berusia 6 bulan

Anak saya laki-laki usia 10 bulan beratnya hanya 8kg. Berat lahirnya 2,5kg. Sejak usia 6 bulan berat badan dan tinggi badannya naik sedikit sekali. Padahal dia makan banyak,minum susu juga banyak. Dia diduga punya alergi susu sapi, beberapa protein dan debu. Ada keturunan alergi (hidung berair) dari suami dan ibu mertua saya. Sejak 6 bulan dia saya beri nutrilon pepti junior namun hanya untuk campuran makan dan minum kalau stok asi saya habis. Saat ini saya sudah bisa makan telur yang dulunya dia alergi tiap saya makan telur. Alerginya berupa pilek dan ruam di kepala. Saya berfikir alerginya sudah agak berkurang. Saya bermaksud mengganti sufor dari nutrilon pepti ke nurtrilon yang hypoalergenic. Bagaimana pendapat dokter?

1 Jawaban Dokter

sebenarnya bu 80% anak yang menderita alergi susu sapi sudah hilang alerginya diusia 1 tahun bu, 90% sudah hilang diusia 2 tahun, dan 99% anak alerginya sudah hilang di usia 3 tahun bu. Jadi saat anak ibu berusia 1 thn boleh dicoba untuk konsumsi susu sapi kembali ataupun yg hipoalergenik selain itu agar variasi makanannya menjadi lebih baik dan bila diperlukan dapat mencoba susu dengan kalori yang lebih tinggi. Bila ternyata masih alergi, kembalikan pola makan dan minum sesuai dengan alergi susu sapi kembali sampai anak berusia 2 tahun, lalu coba kembali.

apakah anak ibu sudah mencoba makan keju? biskuit? coklat? ice cream? makanan tersebut mengandung susu sapi bu. Jadi bila anak ibu sudah makan makanan tersebut dan tidak ada reaksi alergi, berarti kemungkinan alergi susu sapinya sudah hilang. bila belum dicoba, boleh mencoba kembali sekarang sambil dipantau apakah tanda-tanda alergi susu sapinya muncul kembali.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.