berat badan susah naik

anak saya laki – laki umur 14 bulan dengan bb 8.7kg. saya mau tanya dokter. sejak umur 6 bulan anak saya mengalami susah bab sampai sekarang. dan terakhir saya coba susu formulanya saya campur dengan tepung kanji. alhamdulilah berkurang, sekarang sudah bab 1-2 hari sekali tanpa mengejan. apakah karena dulu sering sembelit bisa mempengaruhi berat badan susah naik dok? karena setiap bulan naiknya cuma 2-3 ons. terimakasih dok

1 Jawaban Dokter

Anak laki laki usia 14 bulan sehatusnya memiliki berat badan rata rata 10 kg berdasarkan kurva berat badan menurut usia CDC. Berat badan anak ibu berada dalam batas bawah rekomendasi berat badan cukup untuk anak seusianya. Hal ini dapat dipengaruhi oleh adanya gangguan pada sistem pencernaan seperti yang Ibu paparkan, yaitu sulit buang air besar
Kesulitan buang air bersar yang berlangsung lama perlu diperiksakan ke dokter untuk dicari penyebab yang mendasarinya. Pemberian air kanji tidak disarankan untuk mengatasi hal ini karena tidak memiliki kandungan gizi yang baik dan membuat anak kenyang tanpa asupan gizi cukup. 
Untuk mengatasi sementara, berikan buah dan sayur dalam jumlah cukup. Dapat dicoba pemberian buah pepaya, dan mengurangi makanan berbahan tepung, roti, nasi, apel. Jangan lupa berikan cairan (air, susu, sup) dalam jumlah yang cukup.
sangat disarankan untuk memeriksakan anak ke dokter agar dapat diketahui bila ada gangguan pencernaan dan dapat ditangani dengan tepat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.