Bagaimana cara menyembuhkan penyakit campak rubella?

Dok, saya berusia 13 tahun dan sekitar 2 atau 1 minggu yang lalu saya mengikuti vaksin campak rubella di sekolah. Namun saya sekarang mengalami campak diseluruh tubuh saya. Saya juga flu dan tenggorokan saya tidak terasa nyaman. Saya juga merasakan sedikit gatal. Saya baru mengalami ini sekitar 2 hari. Apakah ini efek samping vaksin yang diberikan atau yang lain? dan bagaimana cara menyembuhkannya dok?

1 Jawaban Dokter

Selamat pagi sobat,
Vaksin adalah virus yg dilemahkan. Jika daya tahan tubuh kurang baik, dapat menimbulkan virus lrbih kuat dan menyebabkan infeksi, jika imunitas baik, maka dapat menstimulasi kekebalan tubuh, apakah anda pernah mengalami campak sebelumnya?
Untuk penatalaksanaan campak sendiri, karena disebabkan oleh virus, biasanya akan sembuh dengan sendirinya/swasirna jika daya tahan tubuh membaik. Kami anjurkan anda istirahat cukup untuk mencegah penularan dan pola makan yg baik dan bergizi. Untuk mengurangi rasa gatal, dapat dilakukan pengolesan bedak atau lotion calamine. Pengobatan lain, jika ada demam dapat diberikan obat gol paracetamol. Jika tidak kunjung membaik kami anjurkan anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebabnya dan mendapat tata laksana yg sesuai. Demikian semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.