susu pediasure

dok. anak saya susah sekali makannya. kemaren waktu konsul ke dokter anak, dokter ada sarankan konsumsi susu pediasure. saya sudah beri anak saya susu tersebut, dan ada kenaikan utk berat badannya yg td nya hampir di grafik kurang gizi. tp apakah susu tersebut baik dikonsumsi jangka panjang dok?

7 answer

Staff 14/08/2017
Public

Selamat pagi.
Produk yang Anda sebutkan adalah minuman serbuk sebagai dukungan nutrisi untuk tumbuh kembang anak usia 1 – 10 tahun yang bermasalah makan, yang mengandung:

  • Nutrisi makro (karbohidrat, protein, dan lemak)
  • Nutrisi mikro (12 vitamin dan 7 mineral, misalnya vitamin A, C, dan E, serta mineral zink dan selenium)
  • Asam lemak linolenat dan asam lemak linoleat
  • Campuran 3 minyak nabati

Sebenarnya produk ini diformulasikan agar anak mendapat asupan nutrisi cukup yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya, ketika anak sulit makan. Kandungan produk ini serupa dengan kandungan nutrisi yang terdapat pada makanan sehari-hari sehingga aman untuk dikonsumsi.
Akan tetapi, lebih baik jika pemberian produk ini disertai dengan beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar anak mau makan nasi, daging, sayur, dan buah:

  • Buatlah beberapa pilihan menu makanan dengan variasi baru dan biarkan anak memilih yang dia sukai. Biasanya anak akan tertarik mencoba sesuatu yang baru dan belum pernah dirasakannya.
  • Sajikan makanan dengan tampilan menarik dan unik, misalnya mencetak nasi berbentuk karakter kartun kesukaannya. Banyak tutorial di internet yang dapat Ibu pelajari untuk membuat makanan dalam bentuk menarik. Jika ibu bekerja dan tidak sempat memasak, saat ini sudah banyak katering sehat khusus anak yang menyediakan menu dalam bentuk menarik.
  • Gunakan perangkat makan yang lucu bergambar karakter tokoh kartun kesukaan anak untuk membuatnya tertarik dan menambah semangat makan.
  • Jadwalkan waktu makan dengan teratur, agar anak terbiasa dengan waktu makannya. Jika anak sanggup menghabiskan, berikan pujian.
  • Buatlah anak merasa bahwa waktu makan adalah saat yang menyenangkan, misalnya sambil mengajak anak mengobrol atau bercerita.
  • Jika memungkinkan, ajak anak makan di meja makan bersama anggota keluarga yang lain.  Anak akan melihat bahwa makan adalah acara yang menggembirakan dan melatihnya bersosialisasi dengan orang lain.
  • Hindari membiasakan anak makan sambil bermain atau menonton TV atau video. Hal ini dapat menyebabkan anak menjadi lebih fokus terhadap mainan atau tontonannya dan dapat mengurangi minat anak pada makanan.
  • Hindari paksaan, hukuman atau menakut-nakuti anak agar mau makan lebih banyak untuk mencegah waktu makan menjadi momok yang menakutkan bagi anak. Biarkan anak makan seberapa banyak yang ingin mereka makan.

Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1

terimakasih dok utk jawabannya. skrg alhamdulillah nafsu makan anak saya sudah lebih baik. namun utk susu anak saya seperti sudah merasa cocok dengan pediasure. tp saya takut susu itu tidak baik dikonsumsi utk jangka panjang. sedari itu saya bertanya bagaimana utk konsumsi jangka panjangnya?

#2
Staff 14/08/2017
Public

Sebuah penelitian medis yang dilakukan pada 92 anak berusia 3 –  5 tahun menyatakan bahwa mengkonsumsi produk tersebut dalam 90 hari terbukti dapat membantu peningkatan berat badan dan tinggi badan yang stabil dan optimal serta menurunkan angka kejadian infeksi pada anak. Penelitian ini juga menunjukan tidak ada perbedaan yang bermakna pada napsu makan, aktivitas anak, maupun keluhan pencernaan saat mengkonsumsi produk dan saat tidak mengkonsumsi produk.
Hingga saat ini belum ada penelitian yang dilakukan lebih lama daripada 90 hari, sehingga efek jangka panjangnya belum dapat diketahui.

#3
Staff 14/08/2017
Public

Saran dari saya, sebaiknya ibu  mengikuti anjuran dari dokter spesialis anak yang merawat anak ibu, karena beliau yang melakukan pemeriksaan fisik langsung dan mengetahui secara rinci kondisi anak ibu. Dokter akan menyesuaikan pemberian produk sesuai dengan klinis anak ibu saat kunjungan kontrol berikutnya.

#5
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.