cara mengasuh/mendidik anak hiperaktif

Saya punya anak yang aktif, mungkin bisa dibahasakan hiperaktif dok, kemudian susah konsentrasi dan sulit menahan keinginannya atas sesuatu. Masa kecilnya, dia kurang bersosialisasi dengan anak sebayanya, lebih banyak bermain sendiri, yakni main smartphone, nonton TV. Kemudian dia juga lambat berbicaranya. Sekolah TK sekarang, guru-gurunya juga mengeluh ke kami karena dia susah diatur, susah belajar. Baru-baru ini dia memukul teman di sekolahnya. Pertanyaan saya, apa bisa kami mendidik atau menerapi sendiri anak kami? Tips-nya apa ya? Terus kalau butuh obat, obat apa yg disarankan? Soalnya kalau mau dibawa ke terapis atau psikolog biayanya terlalu mahal, sementara pendapatan kami juga gak besar bulanannya. Terimakasi banyak dok sebelumnya.

1 Jawaban Dokter

Hi sobat sehat,
Pada tahap awal yang perlu dilakukan pada anak anda adalah proses penegakan diagnosis, apakah anak anda merupakan hiperaktid (ADHD), autisme, atau yang lainnya.
Diagnosis akan menentukan penanganan dan terapi termasuk cara mendidik atau melatih.
jika anda terkendala masalah biaya, gunakan asuransi dari pemerintah atau BPJS. Tidak dipungkiri prosesnya akan memakan waktu lebih, namun lebih baik daripada tidak sama sekali.
dokter yang perlu melakukan assesment diagnosis adalah dokter spesialis anak.
semoga memberi pencerahan.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.