Kesulitan Menelan

Selamat malam dokter,
Saya mengalami kesulitan menelan yg agak mengganggu. Ceritanya begini :
Awal mulanya sewaktu sahur di bulan puasa, saya makan kentang goreng. Ketika makan saya merasa ada makanan yg nyangkut di tenggorokan yg bikin hampir tersedak. Perasaan seperti nyangkut/mengganjal itu berlangsung 1 hari.
Lalu beberapa pekan kemudian muncul lg selama beberapa hari. Setiap mw makan selalu ada rasa kayak nyangkut di tenggorokan, sehingga setiap ngunyah perlu didorong minum air supaya tenggorokan saya nyaman. Keluhan tsb hilang setelah saya minum OBH.
Kemarin keluhan tsb muncul lg, selama 2 hari berturut-turut saya makan snack & es krim. Disertai jg dengan gejala pilek & batuk.
Yg saya rasakan di tenggorokan itu seperti ada kayak dahak yg menggumpal (saya test dgn menelan ludah). Dan kalau mendongakkan kepala keatas, itu cukup terasa. Tidak ada rasa sakit, demam, lemas, dsb. Hanya agak sulit menelan, terasa ada yg ngeganjal, dan suka disertai sendawa setelah makanan lewat kerongkongan. Kalau disengaja batuk, agak plong beberapa detik saja.
Itu kenapa ya, dokter? Apa itu termasuk globus? Saya takutnya di tenggorokan saya ada pembengkakkan atau radang.
Terima kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 10/08/2017
Public

Selamat malam sobat
Kesulitan menelan dapat disebabkan oleh berbagai sebab seperti sumbatan pada tenggorokan atau adanya peradangan. Sebaiknya anda memeriksakan diricke dokter bagian THT untuk memeriksa secara keseluruhan jalan tenggorokan anda apakah terdapat sumbatan atau tidak. 
Semoga bermanfaat sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.