Haid sebulan 2 kali di sertai nyeri

Selamat siang dok, Saya desy usia 25 tahun. Menikah hampir 1 tahun dan blm hamil. dari Awal menikah sampai bulan puasa kemarin haid saya teratur. dan 2 Bulan terakhir Haid menjadi tidak teratur. Riwayat Haid bulan mei tgl 27 mei – 31 mei, bln juni mulai tgl 27 Juni s/d 2 Juli, dan tanggal pada tgl 17 juli kemarin selama 4 hari saya keluar darah tapi sedikit seperti flex. keluar flex tsb posisi bangun tidur di sertai nyeri pada sekujur tubuh ( dr bangun tidur sampai tidur lagi), sampai sekarang pun nyeri tsb masih terasa. kata ibu saya mungkin mau ngandeg(hamil) dan kondisi seperti itu lumrah ( sudah biasa). sangking penasarannya saya coba testpack sendiri tapi hasil negatif. dan kemarin tanggal 28 juli saya flex lg dok sampai kemarin pagi masih flex, msh sama keluar sedikit setiap bangun tidur. kadang nyeri tsb jg terasa di bag vagina sesaat setelah saya dan suami hub badan dok.

yg mw saya tanyakan, kira2 saya kenapa yah dok. haid tidak teratur, keluar flex, di sertai nyeri, dan stelah hub badan terasa nyeri di bag vagina. dan solusinya bagaimana. terima kasih dok.

salam,

desy

1 Jawaban Dokter

selamat siang sobat,
berapa hari kah siklus menstruasi anda? adakah obat-obatan yg anda konsumsi selama ini?
menstruasi lebih dari 1 kali dalam sebulan disebut metrorrhagia, hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:

  • Stress
  • Kelelahan dan aktivitas berlebih
  • Obesitas dan penurunan berat badan secara drastis
  • Efek samping obat tertentu
  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Masalah tiroid
  • Masalah pada organ reproduksi: sindroma ovarium polikistik, endometriosis, dsb

sebaiknya dilakukan penanganan yg sesuai dengan penyebabnya. jika anda sudah mengeksklusi penyebab-penyebab diatas, sebaiknya anda berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis kebidanan sehingga mendapatkan penanganan yg sesuai, dan jika diperlukan dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti USG. demikian, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.