kenapa keluar bercak darah dan keputihan wrna coklat ?

assalamualaikum dok . saya fany berusia 23 tahun ,begini dok ada yg ingin saya tanyakan .kenapa tiba2 muncul bercak darah di celana dalam saya ,itu kejadiannya pas Bulan juni lalu dok trus kambuh lagi pas Bulan skrang tepatnya kemarin dok , tp muncul bercak darahnya dlm sebulan tuh hanya satu hari itu saja dok tidak terus menerus. trus keesokannya muncul keputihan warna coklat pdahal itu bkn siklus haid saya dok, tp keesokan harinya keputihan normal kembali wrna bening keputihan. itu knpa ya dok saya takut sekalii .  Trus suka nyeri pinggang sebelah kiri saja ,nyeri panggul yg sebelah kiri saja sampe menjalar ke paha dok. Apa itu kista ovarium pecah dok? makasih dok sebelumnya ..

1 Jawaban Dokter

selamat pagi sobat,
apakah anda sudah menikah? apakah keputihan yg anda alami berbau, dan adakah disertai keluhan lain selain nyeri, seperti rasa gatal, kemerahan di area sekitarnya?
perdarahan/bercak darah diluar siklus menstruasi dapat disebabkan oleh gangguan regulasi hormon, dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti stress, pemakaian alat kontrasepsi/KB (hormonal seperti suntik, minum, susuk, pemakaian implan), dapat pula terkait dengan penyakit pada saluran reproduksi ataupun infeksi/radang panggul. cobalah menjalani pola hidup sehat terlebih dahulu, dengan istirahat yg cukup, asupan gizi yg baik dan optimal, serta konsumsi air putih yg cukup, minimal 2 liter per hari. namun, jika masih belum ada perubahan berarti, kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan yg sesuai dengan penyebabnya. demikian semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.