Suka menghayal tinggi dan susah kontrol emosi

Malam dok, jadi gini ceritanya.
Adik ipar saya laki2 umur 24 tahun, jadi dia sering menghayal yang tinggi2, seperti dia ingin jadi orang hebat, orang terkenal, atau punya bnyak uang biar bisa beli ini itu, tapi gk tau gimanaa yaa, abis itu dia bisa langsung marah2 sama mertua saya minta mobillah minta uang buat beli ini itu, nnt kalo gk dikasih bilangnya gk disayang trus bilang sakit kepala dan langsung minta ke dokter, dan pasti selalu dianjurkan ke psikiater.. dulu pernah ke psikiater tapi dikasih obat penenang aja, dan sepertiny tidak menyalesaikan masalah. Kadang saya merasa mungkin dia hanya butuh pengakuan dari orang2 sekitar, karna sebelumnya dia diakmpus punya temen2 yang berada sering jalan2, nongkrong2 tempat mahal dan keren. Tp koq lama2 jadi kaya penyakit yaa dok..
Oiya dok, dia dulu pernah make narkoba juga, yg bikin dia tambah parah, sampe dulu dia suka menghayal jadi orang terkenal sampe suka baca buku, tentang nazi ato penjahat2 yg terkenal, dan dia ingin menjadi seperti mereka. Gk lernah focus.
tp skrg udah brenti sih, tp menghayalnya itu masih sampe skrg, dan abis itu pasti dia marah2 seperti dia gk bisa mengontrol diri sendiri, karna mungkin yg dipikirannya itu udah gk bisa dia dapetin ato gimana sayaa juga bingung.
Gk tiap hari sebenarnya dia begitu cuma kalo lagi gk ngapa2in aja baru deh dia mengajyal dan kambuh lagi.
Bisa tolong bantu dok, apakah dia memang punya penyakit khusus, atau karna pengaruh narkoba dulu jadinya keterusan sampe skrg, ato diaa mungkin ada sakit hati didalam hati dia yg gk bisa dia ungkapin apaa gimana ya dok.. thanks

1 Jawaban Dokter

selamat pagi sobat,
sudah berapa lama gejala tsb dialami oleh adik ipar anda? adakah halusinasi yg ia alami, seperti halusinasi penglihatan, pendengaran, penciuman, dsb?adakah aktivitas yg dilakukan adik ipar anda yg mengarah kepada tindakan mengakhiri hidup?
berdasarkan keluhan yg dialami, kemungkinan adik ipar anda menderita skizofrenia, namun diagnosis penyakit ini kriteria waktunya adalah dalam kurun waktu minimal 1 bulan mengalami gejala seperti adanya kepercayaan yg tidak dapat digoyahkan (dalam hal ini yg terjadi pada adik anda adalah waham kebesaran, merasa diri hebat, berkuasa, dia yakin akan hal itu dan tidak dapat digoyahkan), serta diperkuat jika adanya halusinasi. skizofrenia dapat dipicu oleh keturunan dan diperparah pula dengan pemakaian obat psikotropika (narkoba). kami tetap anjurkan anda berkonsultasi kepada psikiater (dokter spesialis kesehatan jiwa) untuk mendapatkan tata laksana obat-obatan dan konseling secara teratur, jika cenderung membahayakan diri atau orang lain, kami anjurkan untuk dilakukan perawatan. demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.