Nyeri pada anus

Halo dok.

Sudah seminggu terakhir anus saya nyeri setiap BAB. Bahkan setelah beberapa jam setelah BAB. Memang 3 hari terakhir sebelum mulai nyeri, saya BAB dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya (tapi tidak mencret dan tidak perlu ngeden)

Kalau melihat dari BAB saya seminggu ini, saya memang perlu ngeden tapi tidak ada bercak darah ataupun nanah dan lendir. Untuk benjolan di anus pun juga tidak ada. Bahkan ketika saya memasukkan jari ke anus pun tidak ada rasa sakit. Masalah lain adalah BAB saya suka tidak tuntas dalam seminggu ini karena tidak mau keluarnya sisa feses.

Kira-kira saya kenapa ya dok? Dan apa yang harus saya lakukan?

Terima kasih atas waktunya.

1 Jawaban Dokter

halo sobat Timotius,
apakah anda memiliki riwayat wasir sebelumnya? berapa kali dalam sehari frekuensi BAB anda? apakah anda rutin BAB setiap hari?
keluhan yg anda alami dapat terkait dengan hemoroid/wasir di bagian dalam, wasir bagian dalam anus tidak tampak tonjolan secara kasat mata, benjolan hanya tampak di bagian dalam anus, dapat terkadang disertai darah. kemungkinan lain, terkait dengan BAB yg keras sehingga mengiritasi dinding anus dan menimbulkan rasa nyeri. kami sarankan anda mengonsumsi serat, yg terdapat pada buah-buahan dan sayur-sayuran sehingga dapat membantu memperlancar BAB. selain itu, kami anjurkan pula anda untuk mengonsumsi air putih yg cukup. demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.