1 Jawaban Dokter

Staff 07/08/2017
Public

Selamat pagi.
Intoleransi laktosa merupakan keadaan di mana terdapat kekurangan enzim laktase dalam tubuh. Laktase digunakan tubuh untuk mencernakan laktosa yang banyak terdapat dalam produk susu. 
Terdapat tiga jenis intoleransi laktosa, yaitu:

  • Intoleransi laktosa primer: Normalnya, tubuh akan memproduksi sejumlah besar enzim laktase saat lahir dan selama masa kanak-kanak awal, yaitu ketika sumber nutrisi utama yang dibutuhkan pada usia tersebut adalah susu. Produksi laktase akan berkurang saat konsumsi makanan semakin bervariasi dan saat anak sudah tidak terlalu bergantung pada susu. Pada kebanyakan anak, penurunan aktivitas enzim laktase dimulai pada usia 2 tahun. Dan biasanya gejala dan tanda intoleransi laktosa tidak terlihat sebelum usia anak 6-7 tahun. 
  • Intoleransi laktosa sekunder: Bentuk intoleransi laktosa ini muncul saat usus kecil mengalami pengurangan produksi laktase setelah mengalami bedah atau gangguan pada saluran cerna, misalnya diare
  • Intoleransi laktosa bawaan: Kondisi intoleransi laktosa bawaan termasuk jarang sekali terjadi. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya aktivitas laktase di dalam usus.

Jika anak Anda mengalami intoleransi laktosa primer atau bawaan, kemungkinan besar hal ini akan terjadi hingga ia dewasa. Sehingga jika Anda ingin mengganti jenis susu yang dikonsumsinya, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter spesialis anak.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.