anak sering diare

selamat sore dok. saya mau menanyakan ttg kondisi anak saya. skg usianya 2,5th. JK perempuan. dg BB 16,4kg. begini dok, sejak usia 1th anak sy minum sufor disamping asi, alhamdulillah tidak ada masalah, saat itu merk susu S, namun tiba2 bbrp bulan kemudian anak sy diare, perut sll berbunyi kruek2 seperti perut orang lapar. sy cb kasih oralite, yakult, dan ke dokter tdk berhasil. namun disaranin u/ mengganti sufornya. tyt bnr saat itu sy ganti dg merk lain. diarenya pun sembuh. tapi dok, selang bbrp bulan diare lg &perut berbunyi lg. alhasil sy gnti lg susunya.. begitu trs selanjutnya sampai skg. tiap bbrp bulan sehabis ganti susu sll diare . pdhl sblmnya tidak da masalah. bahkan udh saya cb susu soya juga sama saja. kira2 anak saya itu kenapa ya dok? mohon pencerahaannya. terimakasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 07/08/2017
Public

Selamat siang.
Diare berulang pada anak dapat disebabkan oleh banyak hal, di antaranya adalah alergi susu sapi, intoleransi laktosa, infeksi rotavirus, dll.
Berikut hal yang dapat Ibu lakukan:

  • Bagi anak yang mengalami alergi susu sapi, maka dapat mengkonsumsi jenis-jenis susu berikut:
    • Susu formula hidrolisis. Susu ini dirancang khusus untuk bayi yang alergi terhadap protein dalam susu formula (sapi). Susu formula hidrolisis sebetulnya masih berbasis susu sapi juga tetapi susu ini mengalami proses hidrolisis sehingga protein-protein utuh dalam susu sapi terurai menjadi partikel-partikel kecil sehingga sifatnya menjadi kurang alergenik. Susu ini juga tidak mengandung laktosa.
    • Susu formula berbasis asam amino. Susu ini tidak mengandung rantai protein tetapi mengandung asam amino yaitu zat pembangun protein-protein itu sehingga paling bersifat hipoalergenik dibandingkan susu formula lainnya.
  • Pada anak yang mengalami intoleransi laktosa, pilihlah produk susu yang rendah atau bebas laktosa.
  • Selalu jaga kebersihan makanan, minuman, alat untuk mengolah makanan anak, serta peralatan makan anak.

Berkonsultasilah dengan dokter spesialis anak untuk menentukan tatalaksana yang terbaik bagi anak Anda sesuai dengan penyebab keluhan yang ia alami, agar tidak terus menerus berulang.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.