1 Jawaban Dokter

Staff 07/08/2017
Public

Selamat pagi.
Melihat dari ukuran dan jumlah kista, serta melalui pemeriksaan USG telah dilakukan penilaian apakah tumor yang terdapat pada payudara Anda cenderung bersifat jinak atau ganas, sehingga dokter menyarankan tidak perlu dilakukan pembedahan. Ikutilah saran selanjutnya dari dokter misalnya terkait pemeriksaan USG berkala untuk memantau perkembangan penyakit Anda.
Lakukan pula pemeriksaan SADARI secara berkala. Metode ini baik dilakukan secara rutin satu  bulan sekali, sehingga ketika ada perubahan terhadap payudara bisa diketahui. Pemeriksaan sebaiknya dilakukan antara 7-10 hari setelah hari pertama menstruasi. Jika Anda telah menopause, lakukan SADARI pada tanggal yang sama setiap bulan sekali.
Langkah melakukan SADARI:

  1. Berdiri tegak menghadap cermin dalam kondisi terang. Amati jika adanya perubahan pada bentuk, permukaan kulit payudara, terjadi pembengkakan, atau perubahan pada puting.
  2. Angkat kedua lengan dan letakkan di belakang kepala. Setelah itu, dorong siku ke depan dan amati payudara. Dorong juga siku ke belakang dan amati bentuk serta ukuran payudara. Ketika melakukan gerakan ini, otot dada akan berkontraksi.
  3. Letakkan kedua tangan pada pinggang, lalu condongkan bahu ke depan. Kembali dorong kedua siku ke depan dengan kuat sehingga membuat otot dada berkontraksi. Amati apabila terdapat perubahan pada payudara.
  4. Angkat lengan kiri ke atas dan tekuk siku. Sementara itu, gunakan tangan kanan untuk meraba dan menekan area payudara. Cermati seluruh bagian kedua payudara dan raba hingga ke area ketiak. Lakukan perabaan dengan gerakan lurus dari atas ke bawah payudara dan sebaliknya. Kemudian lakukan gerakan melingkar di payudara. Lakukan juga dengan gerakan lurus dari tepi lingkaran payudara ke daerah puting dan sebaliknya.
  5. Tekan puting pada kedua sisinya dan perhatikan apakah ada cairan yang keluar dari puting payudara Anda
  6. Lakukan dalam posisi tidur. Letakkan bantal di bawah pundak kanan dan angkat lengan kiri ke atas. Kemudian amati payudara sebelah kanan sambil melakukan gerakan meraba seperti langkah keempat. Gunakan jari untuk menekan seluruh bagian payudara hingga daerah ketiak. Lakukan pula pada payudara sebelah kiri.

Tentu saja Anda juga boleh berkonsultasi dengan dokter bedah lainnya untuk mencari second opinion dengan membawa serta hasil USG payudara Anda.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.