Apakah ada derajat keparahan abnormal dari pemeriksaan darah?

Halo, selamat pagi dok. Adakah suatu acuan/ pengetahuan untuk mengetahui derajat atau tingkatan abnormal suatu hasil pemeriksaan darah lengkap atau hematologi untum mengetahui tingkat abnormal suatu hasil pemeriksaan darah(bukan derajat normal)? Seperti abnormal menurun/meningkat dengan derajat ringan, sedang atau berat dari setiap komponen pemeriksaan darah (seperti haemoglobin, leukosit, MCV,dsb)? Agar saya tahu seberapa urgent kah hasil pemeriksaan lab saya untuk segera menjumpai dokter dan mendiskusikan hasil abnormal tersebut berdasarkan derajatnya. – maaf menggangu dok, Terima kasih atas kesediaan waktunya.

1 Jawaban Dokter

Staff 07/08/2017
Public

Selamat pagi.
Idealnya setiap pemeriksaan laboratorium hanya dapat dilakukan dengan surat pengantar dari dokter. Jika pemeriksaan dilakukan sebagai proses dari medical check up karyawan, pemeriksaan laboratorium disertai pula dengan pemeriksaan fisik, dan kemudian perusahaan akan menerima hasil pemeriksaan yang disertai saran bila diperlukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter.
Setiap hasil pemeriksaan laboratorium sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter disertai dengan pemeriksaan fisik langsung, karena yang penting dan utama untuk dirawat adalah kondisi klinis seseorang, bukan angka hasil pemeriksaan laboratoriumnya.
Semoga dapat membantu dan sehat selalu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.