3 answer

Halo sobat haris,
Semua jenis olahraga bermanfaat pada orang yang gemuk. Walaupun demikian, sobat dapat mencoba melakukan olahraga aerobik seperti jogging atau berenang terlebih dahulu. Olahraga aerobik akan meningkatkan ketahanan jantung dan paru, membakar lemak, serta mengurangi risiko timbulnya penyakit kronik-degeneratif. Olahraga anaerobik dapat dilakukan selama 0-60 menit sebanyak 5-7 kali per minggu. Disarankan agar sobat dapat berolahraga minimal 300 menit (5 jam) setiap minggu untuk mempertahankan penurunan berat badan.
Demikian sobat haris, semoga jawabannya dapat membantu.

#1
Staff 07/08/2017
Public

Berikut beberapa hal yang dapat Sobat lakukan untuk mengatasi ejakulasi dini:

  1. hilangkan rasa cemas sebelum Sobat berhubungan seksual
  2. gunakan kondom untuk menurunkan sensitivitas penis terhadap rangsangan
  3. lakukan latihan teknik mulai-berhenti untuk membantu mengontrol ejakulasi. Teknik ini dilakukan dengan cara Sobat melakukan masturbasi di tempat yang tenang dan privat tanpa khawatir adanya gangguan. Lakukan masturbasi hingga titik di mana Sobat merasa akan terjadi ejakulasi, lalu berhenti masturbasi. Ulangi hal ini sebanyak tiga kali. Pada masturbasi yang keempat, Sobat diperbolehkan untuk ejakulasi.
  4. lakukan latihan Kegel untuk memperkuat otot dinding panggul sehingga dapat memperlambat ejakulasi. Kencangkan otot seperti saat Sobat ingin menahan buang angin pada posisi apapun, baik berbaring, duduk, berdiri, maupun berjalan. Tahan kontraksi otot selama 3 detik, lalu lemaskan otot selama 3 detik. Lakukan beberapa kali. Hindari mengencangkan otot perut, paha, atau bokong dan hindari menahan napas. Bernapaslah seperti biasa setiap kali Sobat melakukan latihan ini. Ulangi latihan sebanyak 3 kali dalam sehari, dengan melakukan 10 repetisi pada tiap sesi latihan. 

Sobat dapat mengetahui lebih lanjut tentang ejakulasi dini pada tautan berikut https://www.tanyadok.com/penyakit/ejakulasi-dini/
Jika keluhan Sobat tidak membaik atau memburuk, berkonsultasilah dengan dokter spesialis andrologi dan seksologi.
Semoga informasi ini dapat membantu Sobat.

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.