1 Jawaban Dokter

Halo sobat, tubuh kita memang mempunyai sistem regulasi dalam mengatur jumlah cairan.
Tubuh akan senantiasa menjaga agar cairan di dalam tubuh tidak terlalu sedikit (dehidrasi) ataupun kelebihan cairan (overhidrasi). Apabila tubuh menganggap jumlah cairan dalam tubuh kurang, maka tubuh akan memberi signal yang mana diinterpretasikan sebagai rasa haus. Sebaliknya, apabila tubuh menganggap jumlah cairan berlebih, maka tubuh akan membuang cairan berlebih tersebut melalui urin.
Apabila sobat merasa haus yang tidak kunjung membaik setelah minum banyak, buang air kecil dengan sering dalam jumlah banyak, serta sering terbangun di malam hari karena ingin kencing, maka sobat dapat memeriksakan diri ke dokter dengan kemungkinan diagnosis berupa diabetes insipidus.
Walaupun bernama diabetes insipidus, penyakit ini BUKAN disebabkan kadar gula darah yang tinggi, tetapi disebabkan oleh gangguan hormon ataupun gangguan ginjal. Kondisi ini sangat langka, sehingga sangat jarang seseorang langsung didiagnosis mengalami penyakit ini.
Selain diagnosis tersebut, beberapa kondisi lain dan obat-obatan juga dapat menyebabkan peningkatan jumlah urin. Sobat dapat berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui hal ini lebih lanjut.
Demikian sobat, semoga dapat membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.