infeksi saluran kemih

Dok sya seorng pria, saya ingin menayakan infeksi saliran kemih, pada tanggal 4 juli 2017 ini saya pernh berhubungan sex sm wanita, kemudian setelah 1 minggu setelah berhubungan saya merasa alat kelamin sya terasa perih, panas dan terasa kencing blm sepenuhnya keluar betul, kemudian sya berkonsultasi pada dokter spesialis kk, kata dokter itu sya terkena penyakit isk lalu kemudian saya d suntik dan dokter itu memberikan saya obt antibiotik levoflaxacin 500mg sebanyak 6 tablet dan d minum sehari 2 tablet dan obt racikan selama 5 hari. Dan setelah saya minum selama 3 hari gejalanya pada saat kencing sdh tidak ad lg rasa perih atau pun panas d kelamin saya sdh tidk ada lgi tetapi rasa ayang\\" nya atau rasa msh ad air kencing yg msh ingin keluar msh tetap ad, walaupun tdk separah sblm d obti, kemudian tiba\\" bdn saya terasa nyeri semua dok di daerah pangkal paha, tangan kaki sm leher serta agk demam dan tdk enk bdn, lalu saya datang lg ke dokter tmpt saya berobat itu kemudian saya sampai kan keluhan saya lg tetapi dokter itu bingung dgn keadaan saya dan saya tanya apakah bakteri dlm tubuh saya sdh idk ad lg dok? Kata dokter itu seharusnya bakteri nya sdh tidak ad lg. Kemudian saya di suntik lg dan di beri lg obt, racikan selama 5 hari sm vitamin neurovit e, smpai skrng keadaan bdn rasa msh blm ad perubahan dok.pertanyaan saya 1. apakah bakteri isk dalam tubuh saya sdh tidak ad lg? 2. Apakah pengobatan saya sdh betul dok? 3.apakah saya terkena isk bagian atas ? Sebab gejala yg saya rasa kan hampir sm dgn gejala isk bagian atas? Terima kasih.

3 answer

Halo sobat, saya akan mencoba membantu menjawab pertanyaan sobat.
Untuk bakteri ISK dalam tubuh tidak dapat saya pastikan hanya melalui tanya jawab. Ada baiknya sobat memeriksakan diri langsung ke dokter yang menangani sobat. Sobat dapat diarahkan untuk dilakukan pemeriksan urin maupun kultur urin untuk melihat adanya bakteri.
Antibiotik levofloxacin merupakan antibiotik golongan quinolone, yang mana dapat diberikan pada kondisi infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri. Ekskresi obat ini terutama melalui urin, sehingga diperkirakan efektif dalam menangani infeksi bakteri pada saluran kemih. Adapun penyebab ketidakefektifan obat tersebut bisa saja dikarenakan beberapa faktor, mulai dari bakteri yang menginfeksi sudah resisten terhadap antibiotik tersebut, hingga ketidakteraturan pasien dalam konsumsi antibiotik.
Untuk kemungkinan diagnosis ISK bagian atas, biasanya akan terlihat juga dari hasil pemeriksaan urin. Hal ini dikarenakan ISK bagian atas umumnya juga disebabkan infeksi yang berasal dari struktur saluran kemih bagian bawah. Rasa anyang-anyangan, demam, maupun nyeri saat berkemih dapat timbul pada kondisi ISK, baik ISK bawah, ISK atas, ataupun keduanya.
Akhir kata, ada baiknya sobat kembali memeriksakan diri ke dokter yang menangani sobat, mengingat dokter tersebut mengetahui riwayat perjalanan penyakit sobat.
Demikian, semoga jawaban yang diberikan cukup membantu.

#1

Terima kasih atas jwban nya dok, andai kan blh saya bertanya lg sya ini menanyakan, pada saat saya mengkonsumsi obt levoflaxacin 500mg rasa nyeri saat berkemih dan rasa panas d kelamin saya sdh tdk ad lagi dok, akan tetapi setelah levoflaxacin telah hbs tiba\\" timbul rasa nyeri pada pangkal paha, mual, nyeri punggung, pusing serta nyeri d daerah perut. Untuk ke 2 kalianya saya sdh menemui dokter itu dok, seperti yg telah saya jls kan d atas td bahwa dokter jg bingung dgn keluhan saya tersebut dok, dokter itu bilang ke saya mkn saya krn kebanyakan beraktifikas saja sehingga bdn saya merasa seperti itu, padahal aktifikat saya normal\\" saja perti biasanya. Sya berniat untuk pindah ke dokter lain dok untuk menanya kan penyakit isk saya ini? Bagaimana menurut anda dok?

#2

Terima kasih atas jwban nya dok, andai kan blh saya bertanya lg sya ini menanyakan, pada saat saya mengkonsumsi obt levoflaxacin 500mg rasa nyeri saat berkemih dan rasa panas d kelamin saya sdh tdk ad lagi dok, akan tetapi setelah levoflaxacin telah hbs tiba\\" timbul rasa nyeri pada pangkal paha, mual, nyeri punggung, pusing serta nyeri d daerah perut. Untuk ke 2 kalianya saya sdh menemui dokter itu dok, seperti yg telah saya jls kan d atas td bahwa dokter jg bingung dgn keluhan saya tersebut dok, dokter itu bilang ke saya mkn saya krn kebanyakan beraktifikas saja sehingga bdn saya merasa seperti itu, padahal aktifikat saya normal\\" saja perti biasanya. Apakah bakterinya msh ad dlm tubuh saya dok ? Dan Sya berniat untuk pindah ke dokter lain dok untuk menanya kan penyakit isk saya ini? Bagaimana menurut dokter?

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.