1 Jawaban Dokter

Halo sobat Rida, nyeri dada di sebelah kiri dapat berasal dari kulit, otot, tulang, lambung, paru, maupun jantung. Perlu beberapa pertanyaan lebih mendalam dan pemeriksaan yang diperlukan untuk mengetahui sebab pastinya.
Apa saja yang dapat memicu rasa nyeri tersebut? Apakah terasa membaik ketika beristirahat? Bagaimana dengan makanan? Apakah ketika nyeri muncul disertai keluhan seperti sesak, mual, atau keringat dingin? Apakah ada riwayat luka atau pukulan pada dada kiri sebelumnya? Apakah ada riwayat seperti penyakit gula atau darah tinggi?
Untuk mencari penyebabnya dapat dilakukan pemeriksaan fisik untuk mencari kemungkinan asal nyeri. Selain itu juga dapat dilakukan pemeriksaan lain seperti EKG serta enzim jantung untuk menapis kemungkinan adanya sindrom koroner akut. Pemeriksaan rontgen dada juga dapat dilakukan untuk melihat adanya kemungkinan lain yang berasal dari struktur dada dan paru.
Apabila masih hilang timbul, serta dari riwayat kesehatan sobat Rida terdapat faktor risiko yang tinggi akan terjadinya sindrom koroner, maka sobat Rida dapat berkonsultasi langsung ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan treadmill test, untuk melihat kemungkinan adanya penyempitan di pembuluh darah jantung.
Demikian, semoga jawabannya cukup membantu sobat Rida.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.